Meski Ada Kendala, BPN Gresik Optimis Program PTSL Capai Target

  • Whatsapp
Kepala BPN Gresik, Asep Heri saat diwawancarai (Moh Khoiron)

GRESIK,beritalima.com-Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik, Asep Heri optimis pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di dua kecamatan yakni Dukun dan Sidayu selesai sesuai target yakni 50 ribu peta bidang bersertipikat.

“Masih ada 31 ribu. Namun demikian pengukuran mencapai 48 ribu peta bidang, tinggal dua ribuan. Targetnya setelah lebaran pengukuran selesai, sehingga Juli sudah diolah. Dan, target 21 Oktober 2021, sebanyak 50 ribu peta bidang selesai,”ujarnya kepada wartawan usai menggelar monitoring dan evaluasi dengan 47 kepala desa di dua kecamatan yang digelar di Ruang Mandhala Bhakti Praja, Kompleks Kantor Bupati Gresik, Selasa (4/5/2021).

Menurut Asep, target yang dicanangkan tersebut sebenarnya tidak mudah sebab ada beberapa kendala yang ditemukan di bawah. Maka dari itu, dalam forum monitoring dan evaluasi tersebut dirinya ingin memecahkan problem tersebut bersama dengan pihak terkait.

Sejumlah problem yang bakal diselesaikan diucapkan Asep diantaranya adanya tanah pemohon yang dekat dengan bantaran Sungai Bengawan Solo. Hal ini harus segera diklirkan.

Dalam waktu dekat, dia berkeinginan mencari solusi dengan cara duduk bersama membuat forum bersama dengan Pemda, Pemdes serta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, lembaga yang memiliki wewenang atas batasan bantaran sungai.

“Kita pengen lakukan musyawarah diskusi terutama mengenai batasan. Berapa jaraknya dari bibir sungai berapa panjangnya sehingga kita punya gambaran, jika ada pemohon di dalam bantaran tentu kami menolak. Jika diluar bantaran akan kita proses,” tutup Kepala BPN Gresik.(Moh Khoiron)

Pos terkait