Moeldoko Dukung Peralihan IAIN Kediri Jadi UIN Syekh Wasil

  • Whatsapp

KEDIRI, beritalima.com | Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko SIP hadir menjadi narasumber Seminar Nasional dengan tajuk “IAIN Kediri Menuju World Class University” di gedung serbaguna IAIN Kediri, Kamis (16/9/2021).

Dalam paparannya Moeldoko menjelaskan, secara teori untuk menjadi sebuah lembaga penyelenggara pendidikan bertaraf internasional terdapat tiga hal yang wajib dilakukan.

“Yang pertama adalah bagaimana menginternasionalisasi program akademik dengan meningkatkan double atau join degree program studi ataupun dengan mobilitas internasional, dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan,” terangnya.

Dia menambahkan, pentingnya sebuah perguruan tinggi berupaya untuk meningkatkan research dan inovasi skala internasional. Dengan penguatan tersebut, diharapkan kemampuan civitas akademika akan meningkat dalam menghasilkan produk intelektual berupa riset, jurnal, dan produk inovatif lainnya, yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan nasional.

Selain itu, lanjut dia, sebuah lembaga perguruan tinggi harus memiliki jaminan mutu yang terakreditasi secara internasional.

“Di samping itu, IAIN Kediri perlu mengembangkan jaringan dengan perguruan tinggi dan institusi di luar negeri untuk meningkatkan positioning, image internasional, ini sangat penting,” kata Moeldoko.

Terkait percepatan IAIN Kediri menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil, Moeldoko berkomitmen mendukung. “Nanti akan saya diskusikan dan komunikasikan dengan beliau (Pramono Anung) juga untuk bisa mempercepat proses ini (transformasi ke UIN) sesuai harapan kita semuan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, yang memiliki keinginan menjadikan Kota Kediri sebagai salah satu Kota Pendidikan di Indonesia. “Saya bersepakat dengan IAIN Kediri. Kita tengah merepositioning Kota Kediri, karena Kota Kediri merupakan kota perdagangan, jasa, dan pendidikan sebenarnya,” jelasnya.

Rektor IAIN Kediri Nur Chamid, mengucapkan terima kasih atas perhatian berbagai pihak yang turut membantu alih status IAIN Kediri menjadi UIN Syekh Wasil Kediri. “Terima kasih kepada seluruhnya yang membantu proses transformasi ini,” kata Nur Chamid. (Gan)

Teks Foto: Moeldoko di Seminar Nasional bertajuk “IAIN Kediri Menuju World Class University” di gedung serbaguna IAIN Kediri, Kamis (16/9/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait