Momentum Hari Santri, KPU se Jatim Gelar Nobar Film “Kejarlah Janji” di 41 Ponpes di Jawa Timur

  • Whatsapp

KEDIRI, Beritalima.com|
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) turut ambil peran dalam momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023. Tepatnya dengan menggelar nonton bareng (nobar) film “Kejarlah Janji” sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Pemilu 2024.

Nobar secara serentak digelar oleh KPU Jatim bersama 38 Satuan Kerja KPU Kabupaten/Kota pada Minggu, 22 Oktober 2023. Tersebar di 41 pondok pesantren di seluruh Jawa Timur, film persembahan dari KPU ini ditonton kurang lebih 8.185 santri.

Sebagai informasi, di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Lirboyo, yang kebetulan ditunjuk sebagai lokus oleh KPU Jatim, acara digelar di Aula Al Muktamar. Dimulai pukul 13.00 WIB, nobar diikuti oleh 200 santri.

Anggota KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro mengatakan KPU sengaja menggelar nobar film di pondok pesantren tepat di hari santri.

“Pasalnya, selain memang pondok pesantren yang sudah patut merayakan hari santri, di pondok banyak ini banyak sekali pemilih pemula maupun muda yang nantinya akan memberikan suara pada Pemilu 2024. Terlebih di Jawa Timur yang banyak sekali pondok dengan ribuan jumlah santri,” kata Gogot.

Ia melanjutkan, nobar digelar sebagai bentuk sosialisasi dan pendidikan pemilih yang tentu saja untuk peningkatan partisipasi masyarakat.

“Karena kita pahami, bahwa sosialisasi tidak harus dilaksanakan melalui ruang tertutup dan secara formal, tapi juga melalui proses kreasi dan seni ini, yang kami rasa efektif sebagai media sosdiklih,” lanjut mantan wartawan radio Soka Jember tersebut.

Sebelumnya, dalam rangkaian acara nobar, Ketua KPU Hasyim Asyari juga menyampaikan sambutan pengantar melalui video.

Dalam tayangan video selama tiga menit tersebut, Hasyim mengajak seluruh santri dengan seksama menonton film “Kejarlah Janji”.

“Mari datang ke TPS pada 14 Februari 2024, dan jangan cek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum di cekdptonline.kpu.go.id,” ajak Hasyim.

Turut hadir dalam nobar dari KPU Jatim selain Gogot, jajaran sekretariat KPU Jatim. Hadir pula jajaran Ketua, Anggota, dan Sekretariat KPU Kota Kediri. Sementara turut membersamai santri, jajaran pengurus pondok Lirboyo.

Sebelumnya KPU Jatim juga telah menggelar nobar bersama stakeholder, peserta pemilu, dan awak media pada 16 Oktober 2023 di Surabaya.

Ke depan, memanfaatkan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, KPU Jatim akan menggelar agenda yang sama secara serentak di berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur. Rencananya nobar akan digelar di 43 perguruan tinggi dengan diikuti 8.060 mahasiswa dan civitas akademika masing-masing kampus.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait