Monumen Parasamya Purnakarya Jawa Timur di Titik Nol Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com — BUKTI keberhasilan Provinsi Jawa Timur di bidang pembangunan, ditandai dengan penganugerahan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Pemerintah Pusat.

Jawa Timur sudah tiga kali mendapat kehormatan sebagai penyandang gelar Provinsi Purnakarya Nugraha, ujar Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo.

Untuk mengabadikan keberhasilan Jatim itu didirikan Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha di halaman kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan 110 Surabaya. Satu lokasi dengan patok Titik Nol Kilometer Kota Surabaya, upcara peresmian monumen dilaksanakan Jumat malam (28/12/2018).

Tugu berbentuk patung ini dirancang dan dibuat oleh seniman I Nyoman Nuarta.

Provinsi Jatim di zaman Orde Baru pada
tahun 1974 juga pernah memperoleh pataka Parasamya Purna Karya Nugraha yang disetahkan oleh Presiden Soeharto kepada Gubernur Jawa Timur HM Noer di Gelora 10 November Tambaksari Surabaya.

Gubernur Jatim H Soekarwo menyatakan setelah zaman Orde Baru, 40 tahun kemudian tahun 2014, Jatim kembali memperoleh tropi Parasamya Purnakarya Nugraha.

Penghargaan tertinggi keberhasilan pembanguna ini diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdasarkan
 UU No 20/2009 tentang Pemberian Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

 Parasamya Purna Karya Nugraha ini diberikan sebagai penghargaan kepada institusi pemerintah/organisasi yang menunjukkan karya tertinggi pelaksanaan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat selama tiga tahun berturut-turut.

Jatim menerima penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha. sebagai hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2010, tahun 2011 dan tahun 2012. Penilaian dilakukan oleh tim nasional, kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerahnya menduduki peringkat pertama atau terbaik secara nasional.

Pada tahun 2017, Hatim kembali meraih predikat sebagai  provinsi terbaik di bidang pembangunan. Untuk itu penyerahan penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha dari Presiden RI disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (12/10/2017).
Pada saat itu Jatim ditasbihkan sebagai Provinsi Parasamya Purnakarya Nugraha. (yra)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *