MPR RI Luncurkan Perangko Empat Pilar

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– MPR RI bekerjasama dengan Kementerian Kominfo, PT Pos Indonesia dan Peruri meluncurkan prangko Empat Pilar MPR.

“Ini sebagai salah satu metode untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR,” kata Sekjen MPR RI kepada awak media di Ruang Delegasi Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (29/3) petang.

Selain Ma’ruf hadir pada acara itu Direktur Pos Kominfo Ikhsan Baidirus, Kepala SBU Non Uang Peruri Fadel, Kepala Regional IV Jakarta PT Pos Indonesia, Onni Hadiyono dan puluhan blogger dan sejumlah filatelis.

Disain prangko melambangkan Empat Pilar MPR, bergambar sila-sila dalam Panca Sila (Panca Sila sebagai dasar dan ideologi negara), UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, prangko bergambar NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Pada kesempatan itu, Ma’ruf mengapresiasi peluncuran pranko Empat Pilar MPR. Baru pertama kali Empat Pilar MPR dimasukkan dalam prangko. Peluncuran prangko Empat Pilar MPR ini juga merupakan upaya MPR untuk memasyarakatkan Empat Pilar MPR.

“Segala daya upaya dan cara serta metode kita lakukan untuk terus membumikan dan membunyikan nilai-nilai Empat Pilar MPR. Karena itu, menempatkan Empat Pilar MPR dalam prangko, merupakan sebuah terobosan. Saya bangga dengan perangko Empat Pilar MPR ini,” ungkap Ma’ruf.

“Prangko Empat Pilar MPR memiliki makna yang luar biasa. Prangko ini isinya ideologi, pembukaan UUD, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Prangko yang di dalamnya ada Empat Pilar MPR. Ini sesuai dengan misi MPR mewujudkan metode Empat Pilar MPR agar bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat.”

Ikhsan mengatakan, Empat Pilar MPR platform Indonesia berbangsa. “Empat Pilar MPR adalah filosofi berbangsa dan bernegara. Karena itu sangat tepat dan patut diangkat dalam bentuk apa saja untuk memuliakan platform bernegara ini seperti dalam bentuk prangko.”

Menurut Ikhsan, prangko menjadi duta bagi bangsa Indonesia ke seluruh dunia. Jadi, prangko sangat bermakna dan memiliki kekuatan strategis. Karena itu proses (usulan) untuk masuk dalam prangko tidak mudah.
“Kita selektif baik dalam gambar maupun citra yang mau disampaikan dalam prangko. Pesan yang disampaikan harus bisa mewakili Indonesia. Karena itu, sangat tepat memberikan tempat yang sangat baik, mulia dan terhormat bagi Empat Pilar MPR dalam prangko,” kata Ikhsan.

Kepala Biro Humas MPR RI Siti Fauziah mengatakan, selama ini MPR mensosialisasikan Empat Pilar melalui berbagai metode mulai dari lomba mewarnai untuk siswa SD – SMP, Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR untuk siswa SMA, debat konstitusi, Kemah Empat Pilar, Outbond, Bela Negara untuk kalangan mahasiswa, Training of Trainers untuk dosen dan metode seni budaya.

“Prangko Empat Pilar MPR ini baru pertama kali dan ini merupakan metode baru untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR,” ujar perempuan berhijam ini.

Siti juga berterima kasih atas dukungan berbagai pihak, terutama Sesjen MPR RI, Kominfo, PT Pos Indonesia dan Peruri. “Sehingga Empat Pilar MPR masuk dalam prangko reguler dan diluncurkan hari ini,” kata dia.

Diungkapkan, prangko Empat Pilar MPR dicetak PT Peruri dengan teknologi tinggi. Prangko Empat Pilar MPR dicetak dengan bahan kertas uang. Juga dengan pengamanan seperti uang.

Dengan sinar UV pada prangko Empat Pilar MPR akan tampak hologram dengan gambar burung garuda dan tulisan Empat Pilar dengan teknologi micro text. Ini membedakan prangko 4 Pilar MPR dengan prangko-prangko biasa lainnya. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *