Musim Kemarau di Abdya Berkhir

  • Whatsapp

ACEH BARAT DAYA Beritalima.com-Hujan dengan intensitas sedang sejak Senin malam (31/7), mulai mengujur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Kondisi tersebut, merupakan tanda berakirnya musim kemarau panjang yang melanda wilayah itu.

“Setelah musim kemarau, Alhamdulillah, hujan sudah mulai membasahi tanah walaupun hanya sebentar,” kata salah seorang warga Kecamatan Lembah Sabil, Hamdani kepada Beritalima.com Rabu (2/8).

Ia menambahkan, rasa was-was seperti kebakaran, kekeringan yang terjadi akibat musim kemarau dalam sebulan terakhir ini tidak lagi menghantui warga Abdya.“Meski hujan dengan intentsitas sedang patut untuk kita syukuri bersama, karena itu merupakan rahmad Allah, “ tutur Hamdani.

Menurutnya, dengan turunnya hujan kekeringan, kebakaran hutan yang terjadi dalam musim kemarau bisa teratasi meski kondisinya tidak begitu maksimal.“Memang debit air sungai tidak maksimal seperti biasa, tapi dengan adanya hujan kebakaran hutan bisa teratasi begitujuga kekeringan,” ujar Hamdani.

Hal senada juga dikatakan warga Alue Sungai Pinang, Adi Sadana mengatakan, kekeringan yang melanda Abdya, selama ini menjadi sebuah ke khawatiran tersendiri baginya akan kondisi sawah dan tanaman miliknya diperkebunan.

“Satu sisi padi terancam gagal panen, disisi lain, saya sudah pasrah jika suatu saat kebakaran lahan juga terjadi dikebun saya yang baru saya babat, karena tidak tertutup kemungkinan hal itu akan terjadi,” kanya dengan rasa bimbang.

Ia berharap, dengan turunya hujan diwilayahnya, kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi bisa terhindari. “Kita berharap agar hujan terus turun membasahi tanah dan tanaman walaupun hanya dengan intensitas sedang, artinya untuk saat ini kemarau yang selama ini terjadi telah berakir dengan adanya hujan,” demikian pintanya.

Musim kemarau yang melanda Ka­bu­paten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak sebulan terakhir menyebab­kan banyak sumur warga di sejumlah desa kekeringan.“Kalau sumur saya memang kondisinya kering total, tidak ada air sedikitpun,” kata Warga Gampong Tokoh II, Kecamatan Lembah Sabil, Budi Amin kepada Beritalima.com, Rabu (26/7) saat ditemui di rumahnya. (Jul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *