Musrenbang RKPD , Ketua DPRD Touna Sampaikan Berbagai Pokok Pikiran Dewan

  • Whatsapp

Ampana,Beritalima.COM- Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo UnaUna melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) selasa (19/3/2019) yang berlangsung di ruang Rapat Mosirata Pemkab Touna .

Forum OPD ini digelar dalam rangka membahas Rencana Pembangunan Kabupaten Touna dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang RKPD) membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan.

Gusnar Suleman SE.MM,Ketua DPRD menyampaikan pokok pokok pikiran DPRD tentang pembangunan nasional merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan berdasarkan dengan sengaja dan memang dikehendaki baik oleh pemerintah yang menjadi pelopor pembangunan maupun masyarakat untuk membangun suatu bangsa diperlukan sumber daya baik alam maupun sumber daya manusia.

” Aspek kehidupan manusia dengan adanya teknologi , Dengan kecanggihan teknologi kita tidak tersekat lagi oleh ruang dan waktu dengan teknologi kita bisa berkomunikasi ,dengan siapa saja dan kapan saja dan dimana saja, Ujar Gusnar Suleman.

Gusnar juga menyampaikan dalam Forum OPD tersebut bahwa adanya pertumbuhan penduduk ,menyebabkan meningkatnya permintaan kebutuhan masyarakat terutama untuk kebutuhan pokok , antara lain makanan ,pakaian, dan perumahan maka dari itu kata ketua DPRD pemenuhan sarana dan prasarana sangat diperlukan sebagai penunjang kebutuhan masyarakat.

Selain itu keua DPRD juga menyampaikan munculnya bencana alam seperti banjir, tanah longsor,air Rob ,gempa Bumi merupakan sal;ah faktor pendorong pembangunan pembanghunan infrastruktur,

” Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu komponen penting yang akan menetukan keberhasilan pembangunan suatu bangsa agar tidak menjadi Necropolis City ,ada beberapa pendorong kebutuhan infrastruktur antara lain pertumbuhan penduduk, Urbanisasi , Bencana alam ” Jelas Ketua DPRD.

Ditambahkannya sebagai pengganti infrastruktur yang rusak akibat bencana alam tersebut contoh misalnya pembangunan jalan dan jembatan, telekomunikasi ,perumahan fasilitas umum Klinik listrik dan lain lain.

Postur anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN sebenarnya mencukupi kebutuhan pendidikan Nasional jika didistribusikan secara profesional ,dimana porsi terbesar adalah untuk penyelenggaraan pendidikan disekolah maupun perguruan tinggi perlu penataan kembali .

” oleh karena itu setiap program pembangunan didaerah yang diselenggarakan harus memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan yaitu terbentuknya lingkungan sehat dan pembentukan perilaku sehat ” terangnya .

Gusnar juga mengatakan ,Peningkatan sumber daya manusia adalah bagian dari proses dan tujuan dalam pembangunan daerah ,oleh karena itu peran serta masyarakat sangatlah penting dalam mengisi pembangunan daerah . ( HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *