Musrenbang RKPD Tulungagung 2024 Digelar, Ini Harapan Bupati

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tulungagung Tahun 2024.

Acara Musrenbang RKPD bertempat, di salah satu Hall hotel Tulungagung. Senin, (13/3/2023) pagi.

Hadir dalam acara Musrenbang RKPD yakni, Bupati Tulungagung beserta Forkopimda, Sekdakab, PLT Kepala Bappeda Tulungagung dan sekitar 250 peserta.

Erwin Novianto PLT Kepala Bappeda menyampaikan bahwa, Musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan guna membahas Rancangan RKPD Kabupaten Tulungagung Tahun 2024.

Ada beberapa tahapan yang dilaksanakan, pertama, mulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan pada bulan Januari 2023, kemudian Musrenbang RKPD di Kecamatan pada tanggal 1 sampai 8 Februari 2023.

“Ketiga, Forum Lintas Perangkat Daerah dalam rangka mensinergikan program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbangcam dengan RKPD pada tanggal 20 sampai 22 Februari 2023 dan Desk Pra Musrenbang untuk mendapat masukan dan penyepakatan tentang program prioritas dan arah kebijakan, dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 9 Maret 2023,” ujar Erwin.

Lanjutnya, tujuan Musrenbang RKPD Tulungagung, menyepakati permasalahan pembangunan Daerah, menyepakati prioritas pembangunan Daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

“Menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi yaitu, berupa program dan kegiatan Kabupaten yang diselaraskan dengan program provinsi melalui APBD provinsi untuk dibahas dan disepakati dalam Musrenbang RKPD provinsi, serta mengklarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Kabupaten/kota dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan,” lanjut Erwin.

Diharapkannya, terjaminnya keterpaduan program kegiatan dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan daerah, yang berasal dari prakarsa dan swadaya masyarakat. Meningkatnya daya guna dan hasil guna dalam rangka penyelesaian isu-isu strategis pembangunan yang sifatnya mendesak.

“Pada verifikasi terdapat 577 usulan yang memenuhi persyaratan. Pelaksanaan Musrenbang kali ini, dengan memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kemendagri yang mengintegrasikan perencanaan dan penganggaran,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan, dalam RKPD Tahun 2024, merupakan tahun pertama dalam periode Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026.

Diterangkan, Pemerintah telah menetapkan lima prioritas menuju Indonesia maju yakni, Peningkatan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Investasi, Penyederhanaan Birokrasi dan Transformasi Ekonomi.

Presiden telah memberikan arahan kepada Pemerintah daerah agar berupaya untuk melakukan pengendalian inflasi, penurunan kemiskinan ektrem sampai target 0% pada 2024.

Selanjutnya, penurunan stunting, membuka peluang investasi, memastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk dalam negeri, mendesain Kabupaten dengan baik untuk memaksimalkan potensi daerah, menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024 serta menjamin kebebasan beragama.

“Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga telah mengintegrasikan dalam tujuh
prioritas utama pembangunan daerah, yakni pembangunan Sumberdaya manusia, penguatan ekonomi kerakyatan, pembangunan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, peningkatan pembangunan sosial masyarakat, peningkatan kualitas pemerintahan dan pelayanan publik,
serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, terangnya.

Menambahkan, merujuk pada prioritas Indonesia Maju dan prioritas pembangunan daerah, maka untuk tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Tulungagung memberikan ruang prioritas pada upaya pemulihan ekonomi dan upaya menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban.

Melalui tema pembangunan yakni, “Optimalisasi Pelayanan Publik dan Kondusivitas Keamanan dan Ketertiban dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi”.

“Semoga kegiatan ini benar-benar akan menghasilkan program yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan masyarakat Tulungagung yang lebih sejahtera,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait