Nah…. Warga Pancer Mulai Dukung Project Survey Geologi di Gunung Salakan

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, kompak mendukung project Survey Geologi yang dilakukan PT Merdeka Copper Gold Tbk di gunung Salakan. Tapi dalam menyatakan dukungan, masyarakat mengajukan sejumlah syarat.

Pertama, keberadaan operator tambang emas di gunung Salakan, harus menjadi peluang kerja baru bagi masyarakat sekitar. Khususnya masyarakat wilayah Dusun Pancer, Desa Sumberagung dan sekitarnya. Pernyataan ini disampaikan Muafik Alamin, perwakilan masyarakat Dusun Pancer, ketika mengikuti kegiatan sosialisasi project Survey Geologi Tujuh Bukit Operation di gunung Salakan yang digeber di kantor Eksternal Affairs PT Bumi Suksesindo (PT BSI), Rabu (24/8/2022).

Bacaan Lainnya

“Melalui CSR (Corporate Social Responsibility), harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, PT Merdeka Copper Gold Tbk adalah induk operator tambang emas PT BSI, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Perusahaan yang berstatus Objek Vital Nasional (Obvitnas).

Kehadiran pelaku investasi, PT Merdeka Copper Gold Tbk, lanjutnya, merupakan salah satu jalan keluar terbaik. Bukan hanya membuka lapangan kerja baru yang mampu menampung pengangguran dari pemuda serta masyarakat sekitar. Namun juga menjadi ikhtiar bersama dalam menyelamatkan kandungan emas diperut bumi gunung Salakan dari jarahan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI)

Mufik, sapaan akrab Muafik Alamin, pun membeberkan bahwa gunung Salakan memang menjadi salah satu jujugan para pelaku PETI. Mereka bukan hanya berasal dari wilayah Dusun Pancer dan sekitarnya, namun juga dari luar Banyuwangi.

“Kebanyakan (Pelaku PETI) masyarakat Kecamatan Pesanggaran, namun dari luar Pancer juga banyak,” bebernya.

Aktivitas PETI, dianggap kurang profesional dalam pengelolaan tambang emas. Berbeda jika penambangan emas dilakukan oleh PT Merdeka Copper Gold Tbk, yang merupakan pelaku investasi.

“Gunung Salakan) kalau dikelola oleh perusahaan akan lebih aman. Mulai dari awal hingga akhir, reklamasi dan keamanan terjamin,” cetus Mufik.

“Untuk itulah pentingnya dilakukan sosialisasi seperti ini. Agar masyarakat yang belum paham bisa menjadi paham,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Warastanto. Perwakilan warga Dusun Pancer ini berharap project gunung Salakan mampu mengurangai angka pengangguran usia produktif disekitar perusahaan.

“Masyarakat kami banyak dari kalangan nelayan, jadi masalah ijasah mohon untuk ditoleransi, agar bisa kerja di perusahaan,” ungkapnya.

Kepada pihak PT Merdeka Copper Gold Tbk dan PT BSI, dia menyarankan agar rajin turun ke masyarakat. Bukan hanya untuk bersilaturahmi menjalin kedekatan. Tapi juga terus memberikan sosialisasi, sehingga masyarakat semakin paham tentang apa, bagaimana serta manfaat keberadaan operator tambang emas diwilayahnya.

Selama kegiatan sosialisasi, perwakilan masyarakat Dusun Pancer dan sekitarnya dijelaskan serta diajak berdiskusi tentang project geologi gunung Salakan. Mulai dari tahapan pembukaan jalur hingga pendirian operator tambang emas baru. Demi percepatan realisasi, PT Merdeka Copper Gold Tbk, mengharap dukungan serta peran serta aktif masyarakat. Terlebih investasi gunung Salakan ini sudah dilengkapi legalitas perizinan.

“Sudah menjadi komitmen perusahaan, kami hadir untuk memberi manfaat sekaligus menjadi keluarga dan bagian masyarakat,” ucap H Caesar Muhni Rizal, perwakilan PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Setelah PT BSI, keberadaan operator tambang emas baru di gunung Salakan, tentunya akan makin membawa dampak positif kepada masyarakat. Mulai dari lapangan pekerjaan baru, berdayanya ekonomi masyarakat, pembangunan infrastuktur sampai peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita akan merealisasikan CSR dengan konsep dari masyarakat untuk masyarakat. Atau setiap program disusun sesuai aspirasi masyarakat,” jelasnya.

Selama ini PT Merdeka Copper Gold Tbk melalui program CSR PT BSI, telah menyasar 4 sektor vital. Yaitu sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastuktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kita salurkan dalam bentuk pengembangan usaha dan kegiatan pemberdayaan lainnya. Juga pembangunan Lampu Penerangan Jangan Umum (LPJU), perbaikan jalan, bedah rumah dan masih banyak lagi,” cetus Eca, sapaan akrab H Caesar Muhni Rizal.

Ditambahkan, sebagai tindak lanjut sosialisasi, PT Merdeka Copper Gold Tbk akan segera melakukan kegiatan dilapangan. Tentunya dengan dukungan serta partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

Kegiatan sosialisasi project Geologi gunung Salakan ini dihadiri perwakilan masyarakat Dusun Pancer, Desa Sumberagung dan sekitarnya. Jajaran kepala desa se Kecamatan Pesanggaran, Forpimka Kecamatan Pesanggaran, manajemen PT BSI serta perwakilan PT Merdeka Copper Gold Tbk. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait