beritalima.com

Naikan PAD, Bank Sulteng Ampana dan Bapenda Luncurkan Sistem Pajak Online

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una Una (Touna) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bekerja sama dengan BPD Bank Sulteng Cabang Ampana terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sejumlah inovasi pelayanan diluncurkan untuk menggenjot penerimaan pajak.

beritalima.com

Branch Manager Bank Sulteng Cabang Ampana, Fikri Adam mengatakan pihaknya belum lama ini bersama Bapenda Touna telah melakukan sosialisasi dan menggelar Launching sistem online pajak daerah kepada sejumlah wajib pajak.

Kegiatan yang dihadiri kepala Badan Pendapatan Daerah, para pelaku wajib pajak, berlangsung di out door Hotel Lawaka.

“sosialisasi ini dilakukan, Dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Touna dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Fikri Adam kepada berita lima jumat (6/12/2019).

“Bank sulteng cabang Ampana memfasilitasi menyediakan alat perekam pajak secara online, untuk tahap awal disediakan 20 unit, yaitu Cash Register dan Taping Box” jelas Fikri Adam.

Menurutnya, dengan sistem online ini akan memberi kemudahan akses bagi pelaku wajib pajak melakukan pembayaran pajak. Seperti pajak Hotel, warung makan, restoran dan kafe.

” Alat ini kami pasang secara gratis untuk pelaku usaha warung makan, restoran dan kafe, dan setiap transaksi terkontrol dan termonitoring secara online di Dinas pendapatan daerah,” kata Fikri.

Tidak hanya itu, Tujuan dari sistem ini agar penerapan system administrasi pencatatan penerimaan pajak daerah lebih efektif dan efisien berbasis teknologi dan informasi,” terangnya

Ramzah Tamsil, Kepala Bidang Pengembangan dan Evaluasi Pajak Daerah Kabupaten Tojo Una Una , mengatakan Tapping box dan Cash Register (Mesin kasir) yang nantinya dipasang disetiap pelaku usaha, merupakan alat monitoring transaksi usaha secara online, sebuah sistem pembayaran pajak yang digagas langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

” penerapan teknologi sistem ini, Bapenda bekerja sama dengan BPD Bank Sulteng Cabang Ampana,dan sudah melakukan Mou dengan Pemda Touna, sehingga kedepan nanti tata kelola keuangan daerah secara lebih transparan dan akuntabel,” jelasnya

Ramzah mengatakan , di akhir bulan desember 2019 pihak BPD sudah siap memasang alat taping box dan cash Register ditempat pelaku usaha ,dan ini baru pertama kali di Kabupaten Tojo Una Una.

” sistem pajak online daerah ini merupakan sebuah ide dan gagasan dari KPK untuk mencegah terjadi kebocoran dan penggelapan pajak” tutupnya (HW)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *