Nataru, Aparat Persyaratkan Vaksin, Rapid Test dan Prokes

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com | Momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan dilakukan penjagaan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Hal ini disampaikan Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, saat melakukan kunjungan di Banyuwangi, Minggu (19/12/2021). Bagi masyarakat yang mau menyeberang ke Ketapang diminta sudah menjalani vaksinasi dosis kedua.

Kapolda Jatim mengatakan, posko penjagaan akan didirikan di titik-titik yang akan ditentukan. Di posko-posko tersebut Polri dan TNI bersama Satgas COVID-19 Kabupaten akan melakukan proses screening secara ketat. Apabila ditemukan penumpang yang belum vaksin Covid-19 akan langsung divaksin di tempat.

“Di Banyuwangi akan dibentuk posko yang akan menjalankan operasi yustisi secara random. Bagi yang belum vaksin akan langsung divaksin di tempat,” tandas Irjen Pol Nico Afinta.

Selain vaksinasi, syarat yang harus disertakan untuk menyeberang adalah surat keterangan bebas Covid-19 yang berlaku 1 x 24 jam, baik berupa rapid antigen atau surat kesehatan lain sesuai kebijakan Satgas COVID-19.

“Semua pelaku perjalanan diharapkan sudah vaksin dosis kedua, dan membawa hasil rapid test 1 x 24 jam bagi yang belum vaksin kedua,” tambahnya.

Dia juga mewajibkan seluruh pelaku perjalanan mengutamakan aturan protokol 5M, baik di atas kendaraan selama perjalanan atau di atas kapal maupun saat singgah istirahat.

“Saya juga mohon pada masyarakat mematuhi peraturan untuk tetap selalu pakai masker dan peraturan lainnya. Ini penting,” tegasnya.

Tidak hanya itu, agar penanganan Covid-19 bisa berjalan maksimal, Kapolda juga meminta pada masyarakat untuk tidak melakukan mobilitas berlebihan di masa Nataru.

“Saya mohon masyarakat sebisa mungkin tinggal di rumah saja, karena varian baru Omicron sudah masuk. Penting bagi kita waspada. Seluruhnya di Jatim mulai dari RT wajib menerapkan protokol 5M,” pungkas Kapolda. (Gan)

Teks Foto: Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. (Ist)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait