Nglurup Manfaatkan DD Untuk Membangun Talut dan Saluran

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Pemerintah Pusat kucurkan Dana Desa (DD) untuk daerah yang nominalnya sangat fantastis dan siknifikan. Anggaran tersebut, mayoritas dimanfaatkan untuk perbaikan fisik bangunan, perekonomian dan pemberdayaan masyarakat.

Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, salah satu desa yang mendapatkan bantuan melalui program Dana Desa(DD). Desa ini, memanfaatkan anggaran tersebut untuk pembangunan wilayah yang dianggap butuh dibenahi dan segera dibangun.

Desa yang mayoritas daerahnya berbukit dan pegunungan itu, sangat rawan longsor, jalannya banyak yang rusak serta saluran air yang sering terkendala timbunan tanah aliran air dari tebing. Apalagi tanahnya labil karena bergerak. Hal ini disadari betul oleh Kepala Desa Nglurup yang baru, Saji. Ini menjadi pekerjaan rumah untuk segera diatasi dalam waktu dekat.

Kepala Desa Nglurup, Saji, menjelaskan, sebagai kepala desa yang baru, tahun ini pihaknya hanya melanjutkan program dari kepala desa sebelumnya. Yakni meneruskan pekerjaan sesuai RAB yang telah disusun tahun lalu.

“Dalam masa kepemimpinan saya yang sekarang, hanya mengikuti alur dan jalur yang sudah ada saja,” kata Saji, Kamis 12 Desember 2019.

Anggaran dari DD termin tiga ini, lanjutnya, digunakan untuk pembangunan talut dan saluran air. Untuk talut panjangnya 33 meter dengan volume tinggi 1,5 meter x lebar 30 centimeter, redangkan untuk saluran air panjang 93 meter dengan tinggi 45 centimeter dengan lebar 30 centimeter. Kedua proyek yang sudah selesai itu, dibangun di Dusun Nglurup RT 02 RW 01.

“Kalau pengerjaannya, dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat setempat,” tambahnya.

Menurutnya lagi, pembangunan desa tidak lepas dari peran serta seluruh elemen dan lapisan masyarakat,mulai dari perangkat desa, BPD, LPM, tokoh masyarakat, TPK dan warga lingkungan setempat.

“Saya selaku Kades baru mengucapkan terima kasih. Mungkin baru ini yang bisa saya laksanakan di tahun 2019. Untuk tahun depan, sudah full ikut menyusun rencana kegiatan pembangunan (RKP) dan semua pekerjaan dan tanggung jawab sudah sepenuhnya ada di tangan saya,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *