Operasi Kamtibmas Terus Di Gelar, Masyarakat Dihimbau Tak Meremehkan Bahaya Covid-19

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com

Polres Trenggalek bersama jajaran di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek bentuk Tim Gabungan guna melakukan sosialisasi pentingnya ‘social distancing’ kepada masyarakat. Tim Gabungan ini secara terus menerus secara terstruktur menggelar operasi Kamtibmas dititik-titik kumpul warga.

Masyarakat dihimbau tak meremehkan bahaya Covid-19 yang telah menjadi pandemi di beberapa wilayah Indonesia. Himbauan tersebut diberikan dengan cara persuasif, Agar masyarakat senantiasa sadar akan ancaman dari virus Corona (Covid-19).

Selain operasi Kamtibmas, juga dilakukan penempelan maklumat dari Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona di tempat-tempat strategis.

Sebagaimana disampaikan Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak yang sekaligus sebagai penanggung jawab adanya operasi Kamtibmas gabungan itu.

“Tim yang terdiri dari tiga pilar dan instansi terkait Pemkab Trenggalek ini menggelar misi kemanusiaan dengan melakukan himbauan di pusat keramaian di wilayah Trenggalek,” sebutnya, Selasa (24/3/2020)

Dikatakan Jean Calvijn, himbauan ini dilaksanakan berdasarkan kebijakan nasional. Pasalnya, masalah ini tidak mungkin bisa diselesaikan secara sektoral. Semua harus ikut serta dan ambil bagian demi terputusnya rantai sebaran virus tersebut. Masyarakat pun kami himbau untuk turut mengikuti himbauan sehingga musibah nasional ini bisa segera teratasi.

“Dengan masyarakat memahami maksud serta mengikuti himbauan dari pemerintah, maka potensi sebaran Covid-19 di Trenggalek bisa diminimalisir,” imbuhnya.

Secara teknis, himbauan ke sejumlah titik lokasi keramaian ini dibagi menjadi dua tim. Dan hasilnya, masih ditemui beberapa sekumpulan masyarakat yang berkelompok untuk sekedar ngopi. Ini membahayakan ketika ada pembiaran, sehingga diperlukan langkah-langkah sosialisasi.

“Ketika kami sampaikan himbauan secara persuasif tidak efektif maka kedepan ada tahapan berikutnya, baik preemtif bahkan represif. Karena azas tertinggi dari peraturan adalah keselamatan seluruh rakyat. Maka, sekali lagi dihimbau agar seluruh nya bisa saling menjaga agar upaya pemutusan rantai sebaran virus Corona benar-benar bisa mengena,” tegas lulusan Akpol 1999 ini.

Selain sosialisasi dan himbauan, tim gabungan yang didukung pula oleh Dinas Kesehatan, Baznas, BPBD ini juga melakukan penyemprotan disinfektan terhadap fasilitas-fasilitas sasaran operasi. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait