OSO: DPD RI Terus Perjuangkan Aspirasi Daerah

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI, Oesman Sapta sadar bahwa banyak aspirasi masyarakat di daerah yang masih harus diperjuangkan untuk mencapai taraf hidup rakyat dalam era demokrasi di tengah arus globalisasi seperti saat ini.

Hal itu dikatakan Oesman Sapta berkaitan dengan HUT DPD RI XIV bersamaan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober yang digelar di Gedung Nusantara IV Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/10).
Dikatakan senator dari Provinsi Kalimantan Barat itu, saat ini tuntutan masyarakat semakin tinggi tersebut, tuntutan masyarakat pun semakin tinggi, karena bangsa kita semakin maju dalam berbagai aspek kehidupan,” ucapnya saat sambutan HUT DPD RI ke-14 di Nusantara IV Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (1/10).

Pada konteks ini, kata Senator asal Kalimantan Barat itu menambahkan, UU No: 2/2018 Tentang Perubahan Kedua atas UU MD3 memberikan mandat dan tugas kepada DPD RI untuk melakukan pemantauan serta evaluasi atas rancangan Peraturan Daerah (Perda) dan implementasinya.

“Dengan kewenangan baru ini, DPD RI dapat menjembatani kepentingan daerah dan pusat secara lebih baik lagi. Khususnya dalam melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Perda di semua daerah,” tegas laki-laki kelahiran Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat 18 Agustus 1950 tersebut.

Sejak kelahirannya DPD RI, ungkap laki-laki yang akrab disapa OSO itu, telah mengartikulasikan kepentingan daerah melalui usulan untuk 87 RUU, 256 pandangan dan pendapat, 80 pertimbangan, 9 RUU dalam Prolegnas dan 11 rekomendasi yang menyangkut kepentingan daerah.

“Harapan kami, ke depan DPD RI akan terus bisa bekerjasama dengan Pemerintah Pusat, jajaran Pemerintah Daerah, dan segenap organisasi komponen bangsa, agar tujuan mulia kita untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di semua daerah di Indonesia dapat dicapai.”

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pidatonya mengatakan, ulang tahun DPD RI XIV merupakan suatu proses kebangsaan. DPD RI selama ini telah fokus terhadap kepentingan daerah. “Ini merupakan bagian yang sangat penting bagi bangsa,” jelas dia.

Dinilai, DPD RI sangat dibutuhkan baik ide dan harapan bagi daerah. Itu artinya, DPD sangat penting untuk memberikan keadilan bagi seluruh bangsa. “Walaupun DPD RI belum maksimal namun perannya harus kita apresiasi,” demikian Jusuf Kalla (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *