Pakde Karwo Apresiasi Kegiatan Cangkrukan Kapolda Jatim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo mengapresiasi kegiatan cangkrukan yang diinisiasiKapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

Menurutnya, kegiatan yang mengundang segenap unsurforkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat ini menjadi salah satu langkah strategis untuk menjagakeamanan, kenyamanan dan iklim yang kondusif di Jatim.

“Saya berterima kasih, cangkrukan ini adalah salah satu bentuk kesalehan sosial, dimana disinikita bersilaturahmi, saling mengenal, dan membahas solusi terhadap permasalahan di Jatim,” kata PakdeKarwo, sapaan akrab Gubernur Jatim saat menghadiri cangkrukan di Rumah Dinas Kapolda Jatim, Jl.Bengawan Surabaya, Kamis (1/11) malam.

Pakde Karwo mengatakan, acara cangkrukan ini juga menjadi salah satu upaya yang tepat gunamenyelesaikan dan mengantisipasi berbagai persoalan di Jatim. Dimana salah satunya adalah potensiterjadinya aksi pengerahan massa yang protes terhadap insiden perobekan bendera bertuliskan kalimattauhid yang terjadi di Garut, Jawa Barat baru-baru ini.“Karena itu, melalui forum ini, kami mengajak pimpinan ormas Islam di Jatim untuk tetap rukun,dan bersama-sama Polri dan TNI menjaga suasana agar tetap aman. Sudahlah, masalah yang ada di Garutjangan sampai dibawa ke Jawa Timur.

Kondisi aman dan damai yang ada ini harus dijaga bersama,” tegasorang nomor satu di Jatim ini.

Pentingnya menjaga keamanan dan kenyamanan di Jatim, lanjut gubernur kelahiran Madiun ini,karena Jatim merupakan center of gravity dan menjadi pusat logistik dan konektivitas perdagangannasional, khususnya di Indonesia Timur.

Sehingga, bila stabilitas keamanan Jatim terganggu, makaperekonomian Indonesia bagian timur akan ikut berdampak.Senada dengan Pakde Karwo, Pangdam V/Brawiaya, Mayjen TNI, Arif Rahman mengatakan,cangkrukan ini merupakan salah satu bukti guyub dan rukunnya Jawa Timur.

Menurutnya, kegiatanseperti ini sangat strategis untuk menjaga provinsi ini tetap aman, tertib, dan lancar.

Kekompakan antarapemimpin di Jatim juga telah dirasakannya sendiri dalam berbagai peristiwa.“Mulai dari teror bom gereja di bulan Mei yang mampu diselesaikan dengan baik.

Pun demikiansaat terjadi bencana gempa di Lombok, Palu, dan tragedi pesawat Lion Air, Jatim juga kompak danmengirimkan bantuan” katanya.Pangdam Arif Rahman juga berpesan kepada seluruh ulama dan ormas Islam di Jatim untuk tidakterpengaruh insiden di Garut, Jawa Barat. “Mudah-mudahan Bangsa Indonesia ini diberikan kekuatandalam menjalani ujian.

Ulama dan Ormas Islam bersama pemerintah dan TNI Polri juga bisa tetapbersinergi dengan baik,” lanjutnya.Dalam sambutannya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, dengan mengundangPakde Karwo, Pangdam V/Brawijaya, serta pimpinan ormas Islam, diharapkan bisa meredam potensimerembetnya efek insiden di Garut, Jabar.

“Mari kita tingkatkan sinergitas, agar provinsi ini tetap aman,nyaman, dan kondusif” katanya.Kapolda Luki juga berkomitmen akan terus mempererat silaturahminya dengan para ulama diJatim. Jenderal polisi bintang dua tersebut siap untuk berkeliling ke pondok pesantren-pondok pesantrenyang ada di Jawa Timur.. (rr).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *