Pakde Karwo: Pancasila Jalan Tengah Pemersatu Bangsa

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Pancasila merupakan jalan tengah yang mempersatukan Bangsa Indonesia dari berbagai perbedaan baik nilai, keyakinan, ideologi dan kultural yang ada di Indonesia. Dengan adanya Pancasila, maka tidak ada lagi kelompok ekstrim kiri maupun kanan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo, usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (1/10).

Menurut gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini, dalam catatan sejarah, kelahiran Pancasila sebagai sebuah ideologi bangsa merupakan proses panjang atau konsesnsus nasional yang diletakkan sebagai jalan tengah antara berbagai perbedaan pandangan di masyarakat. Untuk itu, Pancasila menjadi pemersatu terhadap segala perbedaan itu.

“Ini hasil pemikiran besar para founding father bangsa ini. Proses panjang yang kemudian meletakkan lima sila ini sebagai pandangan hidup dan falsafah bangsa serta dasar konstitusi,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, yang harus dilakukan adalah terus menjadikan Pancasila sebagai working ideology yang menjadi panduan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Untuk itu, Pemerintah terus melakukan pembangunan untuk mewujudkan keadilan dan mengatasi disparitas.

“Pengejawantahan lain konsep working ideology dalam mengembalikan konsep keadilan bagi masyarakat adalah dengan membantu pihak yang kecil dan yang besar kita fasilitasi,” katanya.

Untuk itu, lanjut Pakde Karwo, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini harus dimaknai sebagai momen refleksi mengembalikan filosofi Pancasila sebagai dasar dan way of life Bangsa Indonesia yang multikultur dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.

“Hari ini momentum untuk mengingat kembali Pancasila sebagai jalan hidup yang harus kita kuatkan. Pancasila jalan tengah adalah tepat, dan ikrar yang dibacakan Ketua DPRD tadi adalah tentang kesetiaan kita terhadap Pancasila,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Ditambahkannya, problem yang dihadapi bangsa saat ini bukan kuat atau lemahnya Pancasila, tetapi bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dalam upaya mencapai keadilan harus dilakukan dengan pengambilan keputusan melalui musyawarah bersama atau musyawarah mufakat.
“Ini semua dilakukan untuk kepentingan bersama yakni bangsa dan negara,” pungkasnya.

Berjalan Khidmad

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di Provinsi Jatim ini berjalan tertib dan khidmad di bawah komandan upacara, AKBP Ignatius Benny Adi Prabowo yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Detasemen A Pelopor Sat Brimob Polda Jatim. Sedangkan, sebagai Perwira Upacara adalah Mayor CPM Sukadi yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubgar 0815/Mojokerto. Tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2018 yakni “Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.

Para undangan dan seluruh peserta mendengarkan dengan khidmad pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar. Pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Abshar Naufal dari SMAN 1 Surabaya dan sebagai pembaca doa adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim, Drs. H. Syamsul Bakhri, M.Pd.

Turut hadir isteri Gubernur Jatim Dra. Hj. Nina Soekarwo, MSi, jajaran Forkopimda Jatim, serta para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *