Pandemi Covid 19, Ratusan ASN Kabupaten Sumenep di Lantik dan di Sumpah Via Vidcom

  • Whatsapp
Pengambilan sumpah ASN di Kantor Bupati Sumenep

SUMENEP, beritalima.com|Pengambilan sumpah atau janji Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep tahun 2020, nuansanya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, ASN yang mengikuti pelaksanaan sumpah itu tidak berpusat di satu titik, seperti di Pendopo Agung Keraton Sumenep maupun di Gedung KORPRI, tetapi lokasinya di beberapa tempat.

“Tahun ini, pengambilan sumpah ASN memang tidak di Pendopo Agung dan Gedung KORPRI, untuk mematuhi protokol kesehatan mencegah kerumunan dan jaga jarak, dalam rangka mencegah penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, pada acara pengambilan sumpah ASN di Kantor Bupati, Selasa (12/05/2020).

Bacaan Lainnya

Untuk itulah, sumpah atau janji ASN di instansi Pemerintah Kabupaten Sumenep pada saat darurat kesehatan di tengah wabah Covid-19, dilakukan melalui media elektronik, yakni video confrence yang ditempatkan di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan.

“Sejatinya, pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji ratusan ASN di beberapa tempat itu, sekaligus untuk mengajak masyarakat agar mematuhi dan disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, semisal menjaga jarak, memakai masker dan tidak mengadakan acara mengumpulkan massa di satu tempat,” tutur Bupati dua periode ini.

Bupati berharap, peran strategis ASN menjadi contoh dan teladan kepada masyarakat untuk membantu pemerintah dalam membatasi dan mengurangi penyebaran virus corona atau covid-19 di Kabupaten Sumenep.

“Salah satu yang bisa diwujudkan ASN adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, terkait dengan wabah covid-19, dengan cara hidup yang bersih dan sehat di lingkungannya, selalu cuci tangan pakai sabun, dan hand sanitizer, lebih baik di rumah saja jika tidak ada kepentingan yang mendesak,” ungkapnya.

Bupati setelah pengambilan sumpah atau janji ASN memberikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan ASN atau PNS secara simbolis kepada perwakilan ASN.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumenep, Abdul Madjid, S.Sos, M.Si mengungkapkan, ratusan ASN yang mengikuti pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji tersebar dalam tiga belas titik lokasi.

“Lokasinya adalah tempat Ruang Arya Wiraraja, Ruang Adirasa di Kantor Bupati Sumenep, serta delapan titik di beberapa ruang Rapat Organisasi Perangkat Daerah, dan tiga titik di Pendopo Kecamatan Kepulauan, masing-masing Kecamatan Arjasa, Sapeken dan Kecamatan Gayam,” tandasnya.

Jumlah ASN yang mengikuti pengambilan sumpah atau janji melalui media elektronik ini sebanyak tiga ratus empat puluh sembilan orang, terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak seratus dua puluh orang, tenaga pendidik sebanyak seratus lima puluh tiga orang, dan tenaga teknis sebanyak tujuh puluh enam orang.

“Dari sebanyak tiga ratus empat puluh sembilan ASN itu sesuai golongannya, yakni golongan satu sebanyak satu orang, golongan dua sebanyak seratus dua belas orang, dan golongan tiga sebanyak dua ratus tiga puluh enam orang,” pungkas Abdul Madjid.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait