Panen Buah Di Rooftop, Pertani HKTI Jatim Apresiasi Konsep Pertanian Dinas Pertanian Jatim

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com| Ketua Perempuan Tani (Pertani) HKTI Jawa Timur Dr. Lia Istifhama mengapresiasi konsep pertanian roof top yang diterapkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur, dimana beberapa atap gedung kantor Dinas Pertanian Jatim ini, dijadikan lahan pertanian buah dan sayur seperti melon, labu, lombok, bawang merah, sawi, selada, kolam ikan lele dan lainnya.

Lia mengatakan, konsep pertanian seperti ini diharapkan bisa ditiru oleh semua masyarakat, terutama di kalangan perkotaan yang memang sedikit lahan pertaniannya. Sehingga bisa menjadi pasokan kebutuhan pangan bagi keluarganya, bahkan bisa menghasilkan sisi ekonomi bagi keluarga jika hasil panen dijual.

“Pak Kadis kan mengajak para tamu untuk panen di kebunnya, ada sebuah gagasan bisa kok kita bercocok tanam dimanapun, meskipun bukan di persawahan, seperti di rooftop ini yang bisa dijadikan untuk bercocok tanam, tadi banyak sekali, ada melon dan lainnya. Apa yang ditanam disini juga tidak umum, ada cabe merah, beda banget cabenya, cantik-cantik banget,” ujar Lia saat panen bareng di kebun rooftop Dinas Pertanian Jatim, Senin (28/3/2022).

Lia bersama tamu undangan lainnya juga takjub dengan rimbunnya tanaman-tanaman di rooftop gedung Dinas Pertanian Jatim ini, panasnya matahari seakan tak terasa karena tertutupi oleh dedaunan tanaman. Bahkan beberapa sudut kebun, dinilainya sangat instagramable dan bisa dijadikan spot foto-foto yang menarik.

Lia juga mengapresiasi gelar pangan murah berkualitas yang digelar di halaman kantor Dinas Pertanian Jatim Jalan A. Yani 152 Surabaya, pasar murah yang berlangsung selama dua hari kemarin, 28-29 Maret 2022, menunjukkan rasa optimis menjelang ramadhan, bersama sama menggerakkan sektor ekonomi masyarakat Jawa Timur. (red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait