Pangdam IM dan Forkopimda Aceh Bahas Progress Gempa Pijay

  • Whatsapp

ACEH,Beritalima- Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman bersama Forkopimda dan Kepala Dinas terkait Provinsi Aceh menerima laporan pasca gempa Pidie Jaya di Ruang Rapat Kantor Gubernur Aceh, Rabu -14-12-2016.

 

Pertemuan tersebut membahas tentang sejauh mana progres yang telah tercapai dalam upaya penanganan bencana Gempa mengenai jumlah korban jiwa, kerusakan infrastruktur (fasilitas umum), ketersediaan logistik termasuk air bersih, mengembalikan para pengungsi agar bisa hidup tenang, serta rehabilitasi, normalisasi dan rekonstruksi bangunan-bangunan tempat tinggal masyarakat.selama masa tanggap darurat.

 

Selain itu juga kondisi infrastruktur yang luluh lantah, kondisi psikis para korban bencana gempa pun menjadi perhatian penting dalam laporan tersebut. Dimana untuk menghilangkan rasa trauma terhadap aanya bencana gempa, para petugas dilapangan terus berusaha untuk menyingkirkan puing-puing bangunan yang roboh.

 

Pangdam menyebutkan Aceh sudah menunjukkan kepada daerah-daerah lain (nasional maupun internasional) bahwa Aceh dapat mengatasi bencana alam dengan sigap dan cepat, sekarang tugas kita yaitu untuk merehabilitasi, rekonstruksi dan normalisasi korban gempa sehingga tidak ada lagi pengungsi yang tidak punya tempat tinggal.

 

Saat ini, sepanjang jalan utama sudah tidak ada lagi puing-puing sisa tumpukan bangunan yang runtuh, hal tersebut (menghilangkan puing-puing) sangat penting agar tidak ada lagi beban psikologis masyarakat yang menjadi korban gempa,” lanjut Pangdam IM.

 

Sementara itu dalam laporan tersebut, Plt. Gubernur Aceh Mayjen (Purn) Soedarmo juga menginstruksikan kepada dinas PU agar segera menyiapkan tenda untuk dipergunakan sebagai sekolah sementara bagi para siswa/i yang sekolahnya ambruk karena Gempa.

 

Sekolah harus tetap mendapatkan fasilitas belajar, jika Gedung sekolah yang rusak belum selesai diperbaiki, maka siapkan tenda sementara untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya, supaya mareka jangan ketinggalan Belajar,” kata Plt. Gubernur Aceh,’’(Aa79)

 

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *