Panwaslu Kabsor Gelar Sosialisasi Penggawasan Partisipasi Jelang Pemilu 2019

  • Whatsapp

SORONG, Berita lima.com – Bertempat di Auditorium STKIP Muhamaddiyah Sorong terlah berlangsung acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh panitia pengawas pemilihan umum Kabupaten Sorong, Kamis (14/12).

Dalam kesempatan tersebut ketua Panwaslu Kabupaten Sorong Regina Gembenop.SH kepada media ini mengatakan bahwa Tugas dan fungsi panwaslu untuk melakukan pengawasan pemilu kepada anggota DPR,DPD dan DPRD dan Pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.

Selain itu diharapakan agar bagaimanaa masyarakat bisa ikut terlibat dalam melaksanakan pemilu yang nantinya akan berlangsung. Karena secara tidak langsung masyarakat juga sudah ikut terlibat didalam pengawasan yang mana sesuai dengan pasal 448 ayat 1 dan 2 UU nomor 7 tahun 2017 yang belaku.
” pemilu diselengarakan atas partisipasi masyarakat, dalam bentuk sosialisaai pemilu. dan pendiddikan politik bagi pemilih, serta survei atau jejak pendapat tentang pemilu. Dan juga penghitungan cepat hasil pemilu”kata Regina.

Selain itu DR.Saiful Aschar,ST,SH,MH,MM (Dosen paska sarjana Stain sorong) mengatakan bahwa dalam pemilihan pemilu azas pemilu harus bebas jujur dan rahasia dan adil. Menurutnya panwaslu harus bisa untuk mencegah konflik dalam setiap pemilu.
” masyrakat harus bisa sadar hukum, karena itu bawaslu harus bisa melaksanaakan sosialisasi kepada masyarakat agar proses undang-undang nomor 7 tahun 2017 terlaksana dengan baik” ujar Saiful. (Deo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *