Papua Youth Creative Ditargetkan Selesai Desember 2022

  • Whatsapp

Jakarta | beritalima.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun sarana dan prasarana yang mendukung. Salah satunya adalah Papua Youth Creative Hub.

“Banyak bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan Papua Barat baik di bidang saint, seni budaya, maupun bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar kita semua untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran Papua Youth Creative Hub,” kata Presiden Joko Widodo pada groundbreaking Papua Youth Creative 2 Oktober 2021 tahun lalu.

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan dukungan pemerintah pusat dalam memberikan porsi ruang yang lebih kepada anak-anak Papua agar lebih kreatif, berkembang, dan maju.

Pembangunan Papua Youth Creative Hub dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya. Papua Youth Creative Hub dibangun setinggi 2 lantai dengan luas 5.392 m2 dan lahan hijau 3.000 m2. Desain pembangunannya berupa gedung utama, dormitory, sport venue, hall untuk pameran atau presentasi, dan co-working space. Selain itu juga dibangun lahan parkir berkapasitas 53 mobil dan 154 motor, serta lansekap.

“Papua Youth Creative Hub mulai dibangun Pada 29 September 2021-23 Desember 2022 dengan anggaran Rp95,05 miliar oleh kontraktor PT Nindya Karya. Saat ini progres fisik mencapai 18,5%,” kata John Wempi Wetipo.

Pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan tindaklanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan pemuda-pemudi Papua di Istana Negara pada September 2019 lalu. Selanjutnya pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda/pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.

“Direncanakan Papua Youth Creative Hub akan mewadahi berbagai talenta seperti petani-petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi,” imbuh Wamen.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait