Para Pemangku Kepentingan Menandatangani komitmen Bersama Penerapan Gerakan Menuju Smart City

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com|
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan Bimbingan teknis Kota pintar (smart city) yang merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat.

Sekretaris daerah (Sekda) Amar Nurmansyah, ST., M. Si menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang sudah memilih Kabupaten Sumbawa Barat sebagai Kabupaten kota cerdas.(Smart City).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat sebagai leading sektor dibantu oleh Kementerian Kominfo melaksanakan kegiatan bimbingan teknis penyusunan master plan Kota Cerdas (smart city), rootmap dan program unggulan (Quick Win) Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2022.

” Diharapkan smart city ini di instansi pemerintahan memiliki inovatif seperti contoh di kepolisian sudah ada Aplikasi jaga KSB untuk sebagai pengaduan gangguan Kamtibmas, di Kejaksaan ada jaga Desa agar terhindar dari penyimpangan Hukum dan lain-lain.” terang sekda di hadapan para awak media di lantai III gedung Setda, Selasa, (20/9/2022).

Sekda mengucapkan Alhamdulillah,Bupati Sumbawa Barat sudah melakukan penandatanganan MOU dengan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya tentang pengembangan Smart City di Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat Hirawansyah, S.H., M.H mengatakan,dalam kegiatan
Bimtek smart city Implementasi Gerakan menuju kota cerdas di kabupaten sumbawa barat dilaksanakan berdasarkan asesmen Kementerian Kominfo pada tahun 2021 yang menetapkan Sumbawa Barat sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota yang mengikuti Gerakan Menuju Smart City tahun 2022.

” Ini merupakan wujud komitmen kepala daerah dalam implementasi Gerakan menuju kota cerdas tahun 2022 berdasarkan MoU antara Bupati Sumbawa Barat dan Kementerian Kominfo pada 21 April 2022.” Kata Kadis

Ia menjelaskan kegiatan ini terlaksana berkat dukungan anggaran yang berasal dari APBN melalui DPA Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia T.A. 2022 dan APBD melalui DPA Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat T.A 2022.

Dalam rangkaian kegiatan Gerakan Menuju Smart City tahun 2022 di Kabupaten Sumbawa Barat, telah dilakukan pembentukan Dewan Smart City dengan Surat Keputusan Bupati Sumbawa Barat Nomor 188.4.45 919 dan Tim Pelaksana Smart City dengan Surat Keputusan Bupati Sumbawa Barat Nomor 188.4.45 918 tahun 2022. Selanjutnya Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City diamanatkan untuk mengikuti kegiatan Bimtek Smart City yang dijadwalkan terlaksana sebanyak 4 kali.

” Bimtek dilaksanakan sebanyak 4 kali, yakni pada tanggal 20-21 juni, 18-19 juli, 29-30 Agustus, dan 19-20 September 2022 diikuti oleh tim pelaksana Smart City, perwakilan UMKM, Agen Gotong Royong, Akademisi dan Praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi.” jelasnya

Lanjut kadis dalam kegiatan bimtek menghasilkan Dokumen Master Plan Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) yang berisi program kegiatan pendukung terwujudnya Smart City di Kabupaten Sumbawa Barat, beberapa di antaranya merupakan program kerja unggulan Quick Win yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Kemudian dalam rangkaian kegiatan implementasi Gerakan menuju Kota Cerdas di Kabupaten Sumbawa Barat ini diakhiri melalui penandatanganan komitmen Bersama Penerapan Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) oleh Pimpinan Daerah, FORKOPIMDA, Kepala OPD dan Stakeholder yang berasal dari PT. AMNT, PDAM, Perumda Barinas, Serta Perbankan seperti BNI46, Mandiri dan NTB Syari’ah.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait