Pastikan Natal 2023 Aman dan Kondusif, Forkopimda Trenggalek Tinjau Sejumlah Gereja

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Trenggalek meninjau perayaan Natal yang digelar disejumlah gereja. Berangkat bersama-sama dari Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek, Forkopimda bergerak menuju gereja Santa Maria dan GKJW yang masih berada di lingkar kota Trenggalek pada Senin, 25 Desember 2023.

Nampak hadir dalam rombongan, Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, Kapolres AKBP Gathut Bowo Supriyono, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji Susanto, Wakil Ketua DPRD Doding Rahmadi dan sejumlah Kepala OPD terkait.

Selain berbincang dengan pendeta dan jemaat yang merayakan Natal, Forkopimda juga memantau secara langsung bagaimana proses pengamanan di masing-masing gereja yang dilakukan oleh para petugas gabungan.

“Alhamdulillah, rangkaian perayaan Natal 2023 di Trenggalek berjalan lancar, aman dan khidmat. Tadi ketika berbincang dengan para tokoh gereja dan jemaat menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut memberikan rasa aman,” ungkap Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin pada Senin, 25 Desember 2023.

Dikonfirmasi terpisah, AKBP Gathut menambahkan, secara keseluruhan perayaan dan ibadah misa Natal di Kabupaten Trenggalek berlangsung aman, lancar serta kondusif. Hal ini tentunya tak lepas dari peran serta para petugas keamanan didukung oleh semua komponen masyarakat.

“Hari ini ada 18 gereja yang merayakan Natal. Kita lakukan pengamanan optimal yang didahului dengan sterilisasi. Ini tentunya bertujuan agar saudara-saudara kita dapat meyarakan Natal dengan tenang dan nyaman,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, AKBP Gathut menerangkan jika untuk pengamanan perayaan Natal di gereja, pihaknya mengerahkan sedikitnya 200 personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP maupun Dishub dan stakeholder lainnya yang tersebar di seluruh gereja se Kabupaten Trenggalek.

Selain pengamanan gereja, konsentrasi pengamanan juga dilakukan pada titik rawan gangguan keamanan lain. “Seperti pusat keramaian dan lokasi wisata termasuk diantaranya adalah Kamseltibcarlantas,” imbuhnya.

Mengingat, sambung lulusan Akpol 2003 itu, masyarakat mulai memanfaatkan masa liburan sehingga banyak pengunjung memadati beberapa destinasi wisata yang ada di Trenggalek. Terutama, pesisir Watulimo via JLS. Sehingga, untuk mengantisipasi kemacetan maupun potensi kecelakaan lalu lintas, Polres Trenggalek pun telah menambah perkuatan personel serta menyiagakan tim urai di lokasi.

“Hingga saat ini, semua berjalan aman dan kondusif,” pungkas AKBP Gathut Bowo. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait