PDAM Kota Madiun Raih Top BUMD Award, Walikota Raih Top Pembina

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kota Madiun, Jawa Timur, kembali memborong prestasi. Setidaknya, menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam Top BUMD Award 2023.

Pertama, kategori Top BUMD Award Bintang 5 untuk Perumda Tirta Taman Sari Kota Madiun, Top Pembina BUMD 2023 untuk Walikota Madiun, H. Maidi, serta Top CEO BUMD 2023 kepada Suyoto selaku Dirut Perumda Tirta Taman Sari. Penghargaan berlangsung di Hotel Raffles Jakarta, Rabu 5 April 2023.

Menariknya, penghargaan Top BUMD Award Bintang 5 yang didapat Perumda Tirta Taman Sari merupakan kali ketiga secara berturut.

Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, diraihnya penghargaan ini tentu tidak mudah. Apalagi, tingkat nasional. Penghargaan Top BUMD Awards tersebut diberikan kepada BUMD atau badan usaha milik daerah unggulan dari seluruh tanah air. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Majalah Top Business ini diikuti 200 BUMD pada 2023 ini. Pun, terdapat penilaian dalam beberapa tahap.

Mulai dari segi pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan bekelanjutan (achievement). Selain itu, terus melakukan perbaikan (improvemen/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru.

Walikota menambahkan, terdapat perubahan manajamen dalam perjalanan Perumda di Kota Madiun. Yakni, dari orientasi sosial-bisnis menjadi bisnis-sosial. Perubahan itu terbukti memberikan banyak keunggulan. Mulai peningkatan pendapatan dan meniminalkan kebocoran. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai.

Biarpun begitu, orientasi sosial juga tidak ditinggalkan. Perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan semata. Tetapi juga mengedepankan kegiatan sosial. Yakni, pelayanan kepada masyarakat. Tak heran, jika kemudian muncul banyak program sosial. Seperti program sambungan gratis, bantuan sembako, jaminan sosial tenaga kerja untuk Marbot Masjid, Guru TPA, Penjaga Makam, dan lain sebagainya.

‘’Kinerja PDAM kita cukup bagus. Memang kita coba dari manajemen sosial-bisnis ke bisnis-sosial. Ini terbukti pendapatan kita jadi tinggi dan kesejahteraan meningkat,’’ jelasnya.

Maidi berharap kepada PDAM Kota Madiun untuk tidak cepat berpuas diri. Apalagi, masih ada capaian yang lebih tinggi lagi. Yakni, Top BUMD Awards kategori Platinum.

Penghargaan itu untuk BUMD yang berhasil meraih bintang 5 secara berturut. Karenanya, ia berharap penghargaan menjadi pelecut semangat untuk lebih baik lagi. Namun, bukan urusan bisnis. Tetapi juga urusan sosialnya.

‘’Selalu kita tanamkan kepada karyawan untuk bekerja keras tanpa disuruh, disiplin tanpa diawasi, dan bekerja secara jujur. Harapannya, bisa semakin baik ke depan. Namun, tentu harus diimbangi dengan semangat kerja,’’ ungkapnya.

Hadirnya Top BUMD Award tersebut juga hasil kerja bareng Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Pun, juga didukung Kementerian Dalam Negeri RI. (Kmf/editor: Dibyo).

H. Maidi (tengah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait