Pecel Kota Madiun Dapat Pengakuan Warisan Budaya di Ajang East Java Tourism Award

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, menggelar East Java Tourism Award, di Kota Batu, Sabtu 10 Desember 2022, malam.

Dalam serangkaian acara tersebut penghargaan bergengsi tingkat Jawa Timur itu diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kepada Walikota Madiun, yang diwakili Sekda, Soeko Dwi H.

East Java Tourism Award 2022 bertujuan untuk memberikan ruang apresiasi kepada insan pariwisata Jawa Timur. Beberapa penghargaan yang diberikan kepada pemenang.

Dintaranya yakni, Penghargaan Daya Tarik Wisata, Lomba Video Profil Desa Wisata Jawa Timur 2022 hingga Warisan Budaya Tak Benda Provinsi Jawa Timur.

Dalam acara tersebut, Kota Madiun mendapatkan dua penghargaan dalam kategori warisan budaya tak benda. Yakni untuk Pecel dan Grebeg Maulud yang diakui sebagai salah satu warisan budaya tak benda.

Gubernur Khofifah mengapresiasi para pemenang di seluruh kategori. Khofifah mengatakan, event ini sebagai penambah semangat dan motivasi para insan pariwisata, hingga pemerintah kota dan kabupaten untuk melestarikan budaya yang dimiliki.

“Terima kasih kepada semua pihak. Ini tentu sebagai dorongan dan motivasi untuk mendaftarkan warisan budaya yang dimiliki,” ucap Khofifah.

Gubernur juga berpesan kepada seluruh pihak agar segera mengidentifikasi apa saja kebudayaan khas daerah yang dimiliki agar bisa dikenal dan dikembangkan oleh generasi penerus.

“Saya pesan segera diinventarisir mana saja yang menjadi potensi. Kalau tidak kita yang mendaftarkan, maka saya kawatir anak cucu kita tidak mengetahui budaya yang dimiliki,” tandasnya. (Kmf/editor Dibyo).

Khofifah (atas), Soeko Dwi H, (nomor 2) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait