Pecil Mulai Manfaatkan Lapak UMKM Bantuan Pemkot Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pedagang kecil (Pecil) di Kota Madiun, Jawa Timur, mulai memanfaatkan lapak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dibangun oleh Pemkot setempat agar perekonomian tetap berjalan dimasa pandemi Covid-19.

Seperti yang tampak di Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman. Lapak UMKM yang diberi nama “Mbah Ronggo” ini, beberapa hari terakhir sudah dimanfaatkan oleh beberapa pedagang kecil setempat.

Sebelum adanya pandemi, mereka berjualan di SDN Kuncen dan MTsN Kota Madiun, yang berada disisi timur dan utama dimana lapak tersebut dibangun.

beritalima.com

Selama masa pandemi, mereka tidak bisa berjualan karena dua sekolah tersebut tutup. Namun setelah adanya lapak UMKM ini, mereka dapat berjualan kembali untuk menghidupi keluarganya.

“Dulu rasannya seperti mau stres, Mas. Gimana tidak mumet, kami butuh makan sehari hari. Kami mengandalkan hasil berjualan di sekolah. Kemudian sekolah tutup berbulan bulan, bayangkan,” kata salah satu pedagang yang kini menempati lapak UMKM Kelurahan Kuncen, Yanti, atau yang lebih akrab disapa dengan nama, bu Gono, Sabtu 23 Januari 2021.

beritalima.com

Namun sejak berjualan di lapak ini, perekonomian mereka mulai bangkit, meski perlahan. “Sebelum ada lapak ini, kami bingung mau berjualan dimana,” ucapnya.

Lapak “Mbah Ronggo” ini, tidak hanya dimanfaatkan pedagang kecil pada siang hari. Namun juga malam hari. Pada malam hari, ada dua pedagang lain, berjualan kopi. Tapi karena masih Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mereka libur berjualan.

Sedangkan gerobak yang mereka gunakan, merupakan bantuan CSR dari Bank Jatim, yang merupakan lembaga perbankkan milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (Dibyo).

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait