Pelaporan Logistik dan Peralatan Melalui Pemanfaatan InaRISK Personal

  • Whatsapp

JAKARTA – Aplikasi inaRISK Personal yang dikembangkan BNPB sejak 2016 kini dapat digunakan sebagai media pelaporan distribusi logistik dan peralatan dalam penanganan Covid-19. Petugas bisa mengakses fitur Lapor Kegiatan dengan gadget pada saat berada di lapangan.

Laporan distribusi logistik dan peralatan akan tampil pada dashboard yang dapat diakses pada tautan https://inarisk.bnpb.go.id/dashboardkegiatan. Informasi bantuan yang tersaji pada dashboard bersumber dari data petugas melalui perangkat yang dimiliki. Dukungan aplikasi ini sangat membantu dalam menganalisis pendistribusian bantuan yang menjadi target dalam penanganan Covid-19 di daerah.

Direktur Peringatan Dini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir. Afrial Rosya, M.A. menyampaikan bahwa pihaknya mengenalkan fitur ini ke daerah sehingga dapat membantu pelaporan dengan cepat. Di samping itu, pemangku kepentingan dapat memonitor pendistribusian bantuan penanganan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Afrial saat membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan inaRISK Personal kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan perwakilan forum relawan di wilayah D.I. Yogyakarta. Sosialisasi dan pelatihan disampaikan oleh Ridwan Yunus, tenaga ahli BNPB yang juga berperan dalam pengembangan dashboard maupun aplikasi inaRISK.

“Penggiat kebencanaan di DIY mampu melakukan pelaporan kegiatan distribusi masker dan logistik peralatan penanganan Covid-19 lainnya menggunakan aplikasi inaRISK dengan baik,” ujar Afrial secara dalam jaringan pada Kamis (29/7).

Ia berharap penggiat kebencanaan secara konsisten melaporkan kegiatan distribusi logistik dan peralatan menggunakan aplikasi inaRISK yang dapat diunduh melalui tautan bit.ly/download_inaRISK.

Robertus Ali Sadikin, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD D.I. Yogyakarta menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik bantuan yang diberikan oleh BNPB maupun dukungan fitur inaRISK untuk pelaporan. Beliau berharap inaRISK Personal dapat mendorong kecepatan dan transparansi distribusi logistik, seperti bantuan masker.

Melalui monitoring distribusi masker, ini akan membantu Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan para donatur dalam pendistribusian secara optimal sehingga menyentuh masyarakat di daerah-daerah. Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan (prokes), salah satunya penggunaan masker. Penerapan prokes merupakan langkah efektif dalam pengendalian dan pengakhiran pandemi Covid-19.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait