Pelatihan Kader Bela Negara, Bentuk Karakter Tangguh dan Nasionalisme Tinggi

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Sejumlah orang mengikuti kader bela negara di Lapangan Batalyon Infanteri Raider (Yonif) 509/Balawara Yudha.

Kegiatan kader bela negara itu, guna membentuk karakter yang tangguh dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan pelatihan kader bela negara ini, berlangsung selama beberapa hari, yang dilatih oleh anggota TNI.

Hadir dalam penutupan Pj. Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Jember Arief Tjahyono dan memimpin upacara penutupan, Minggu (12/2/2023).

Turut pula mendampingi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Edy Budi Susilo, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sigit Akbari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Adi Wijaya.

Selain itu, hadir juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Sukowinarno, para Camat Se-Kabupaten Jember serta para peserta pelatihan.

“Upaya kesadaran Bela Negara saat ini perlu dimantapkan. Karena adanya arus teknologi dan globalisasi yang semakin berkembang. Sehingga dapat menanggulangi arusĀ  modernisasi tersebut,” kata Arief.

Wawasan Bela Negara diperlukan untuk lebih cinta Tanah Air. Selain itu guna membentuk karakter yang tangguh dan Nasionalisme tinggi.

Tidak hanya itu, kader bela negara harus peka terhadap permasalahan yang menyimpang dari pedoman Negara Indonesia, yaitu Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Arief juga berpesan, pada kader bela negara untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan yang mengutamakan Nasionalisme.

“Karena untuk memicu semua elemen, agar ikut terlibat dalam membela dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait