Pelatihan Siskeudes Batal, Dana Anggaran Tak Kembali

  • Whatsapp

Ogan Komering Ulu, Beritalima.com– Pelatihan Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) Tahun 2016 silam, ternyata batal dilaksanakan entah apa penyebabnya sehingga pelatihan Siskeudes tersebut tidak terlaksana, Sementara dana anggaran untuk kegiatan pelatihan telah disetorkan ke Oknum Kabid Pemdes yang mengkordinir pada saat itu hal ini terungkap setelah beberapa Kepala Desa mengeluh karena dana anggaran yang telah diterima oleh Oknum Mantan Kabid Pemdes Dinas PMD OKU M.Kholik, tidak dikembalikan

“Ya, benar, pada waktu itu dana anggaran untuk pelatihan Siskeudes tahun 2016 silam sebesar Rp.15 juta telah kami setor ke Kabid Pemdes M.Kholik,” kata salah satu Kepala Desa di Kecamatan Ulu Ogan yang namanya minta dirahasiakan, Rabu (28/6/2017).

Dia menguraikan, sebanyak 7 Kepala Desa di Kecamatan Ulu Ogan menjadi korban, tapi sudah ada sebagian uangnya dikembalikan oleh Oknum Mantan Kabid Pemdes itu, namun untuk saya pribadi hingga sekarang tidak dikembalikan dan tidak ada kejelasan.

“Kalau untuk saya sampai saat ini tidak dikembalikan dana anggaran pelatihan Siskeudes itu,” ungkapnya.

Dia mengaku, dana anggaran untuk pelatihan diambil dari dana desa (DD) tahap II Tahun 2016 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kalau batal dilaksanakan mestinya dikembalikan, apalagi anggarannya cukup besar per desa Rp.15 juta.

“Bagaimana laporan SPJ nya nanti jika diaudit dari pihak yang berwenang,” ucapnya.

Saat disinggung apakah ada bukti penyetoran berupa kwitansi kepada oknum tersebut, dia menuturkan, tidak ada bukti karena kami begitu percaya terhadap oknum sebab jabatannya Kabid yang mengurusi desa.

“Kalau bukti kwitansi tidak ada, yang jelas masalah ini sudah banyak yang tau kalau pelatihan Siskeudes anggarannya Rp.15 juta,” terang dia.

Kami benar-benar kecewa, kalau tau terjadi seperti ini lebih baik dana anggaran pelatihan itu dialihkan ke bidang lain, yang lebih bermanfaat bagi warga desa.

Sementara sampai berita ini diturunkan Mantan Kabid Pemdes Dinas PMD OKU M.Kholik yang saat ini sudah pindah ke Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten OKU, belum bisa dikonfirmasi.

(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *