Pelayanan Satu Pintu Kota Palembang Terbaik Se-Indonesia

oleh -234 views

Palembang, beritaLima – Prestasi membanggakan kembali di raih Kota Palembang, kali ini Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Palembang memperoleh penghargaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dari semua Kota yang ada di Indonesia PTSP Kota Palembang berhasil meraih penghargaan PTSP terbaik tingkat Kota se-Indonesia mengalahkan kota-kota besar lainnya.
H. Harnojoyo menerima langsung penghargaan ini , Senin (30/5/2016) di kantor BKPM Republik Indonesia, Jakarta
Seperti diketahui, Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM RI) memberikan penghargaan kepada PTSP terbaik untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota terbaik tahun 2016. Penghargaan ini diberikan kepada 3 penyelenggara PTSP terbaik di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.
“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada penyelenggara PTSP di daerah berdasarkan hasil kualifikasi dari total 561 daerah provinsi, kabupaten, kota, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan kawasan perdagangan bebas, pelabuhan bebas tercatat 526 daerah telah membentuk PTSP,” ujar Kepala BKPM, Franky Sibarani.
Ada 6 kriteria yang dilakukan terhadap pemilihan PTSP terbaik yang pertama adanya kelembagaan dengan melalui keputusan pemda, kemudian menerapkan layanan online. Memiliki SOP yang diverifikasi dan telah dipenuhi yang berikutnya transparansi menyangkut besaran biaya yang ditetapkan secara terbuka, inovasi layanan, adanya insiatif dari pemda untuk memberikan insentif ke perusahaan yang mematuhi aturan.
Kualifikasi PTSP dilakukan oleh BKPM bersama Sekretaris Wakil Presiden, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Bappenas, Sekretariat Negara, BPKP serta KPPOD.
Sementara itu Walikota Palembang H. Harnojoyo mengungkapkan rasa bahagianya atas diterimanya penghargaan tersebut, “Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Kota Palembang melalui BPM PTSP menerima penghargaan tertinggi Pelayanan Satu Pintu terbaik tingkat nasional kategori Kota, penghargaan ini patut kita syukuri, tetapi yang paling penting dari itu semua, melalui penghargaan ini kita jadikan motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya pelayanan perizinan di BPM PTSP” Ungkap Harnojoyo.
Berikut 3 kabupaten, kota, dan provinsi penyelenggara PTSP terbaik.
Penghargaan terbaik untuk tingkat kabupaten :
1. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Siak
2. Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Demak
3. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Izin Terpadu Kabupaten Boyolali
Penyelenggara PTSP terbaik tingkat kota :
1. Badan Penanaman Modal dan PTSP Kota Palembang
2. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Pekalongan
3. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Banjar
Penyelenggara PTSP terbaik tingkat provinsi :
1.Sulawesi Selatan
2.Kalimantan Timur
3.Sumatera Selatan

(Nn/ Hms)