Pemasangan Bumbungan Sasadu Desa Idamdehe Gamsungi, Dihadiri Bupati Danny

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com -Setelah beberapa tahun tidak tersentuh, Rumah Adat Sasadu di Desa Idamdehe Gamsungi, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat akhirnya dibangun setelah dilakukan pemasangan bumbungan rumah adat.

Suka cita warga Idamdehe Gamsungi atas pemasangan bumbungan rumah adat tersebut terlihat dari prosesi acara makan adat yang berlangsung, Senin (2/7/2018) sore tadi di Sasadu.

Bupati Halbar Danny Missy yang hadir dalam prosesi menaikkan bumbungan rumah adat mengatakan, renovasi bumbungan rumah adat Desa Idamdehe Gamsungi ini merupakan program strategis pemerintah desa yang selaras dengan visi misi pembangunan Pemda Halbar.

“Selaku pemerintah saya mengapresiasi kerja sama warga Desa Idamdehe Gamsungi atas renovasi secara bertahap Rumah Adat ini,” kata bupati disela-sela acara makan adat.

Bupati Danny juga menghimbau agar rumah adat yang ada dijaga dan dirawat dengan baik sebagai warisan leluhur, sehingga generasi muda Idamdehe Gamsungi juga turut menikmatinya.

Prosesi menaikkan dan meletakkan bumbungan Sasadu, yang terbuat dari daun pohon sagu turut dilakukan para tetua adat bersama Bupati Danny.

Prosesi sakral ini ikut diliput oleh salah satu stasion televisi nasional yaitu Trans 7 dalam program jejak petualang.

Acara makan adat, ikut dihadir ketua dewan adat Ji’o Talai apadusua, Robinson Misi, ketua adat suku Wayoli, Sonny Balatjai, Kades Idamdehe Gamsungi, William Calvin.

Hadir juga beberapa SKPD Pemda Halbar, diantaranya Kepala Pelaksana BPBD Imran Lolori, Kadis BPMPD Asnat Sowo, Kadis Kominfo Chuzaemah Djauhar, Kepala Dinas Perumahan Yafet Tjanu dan Camat Jailolo Muchlis. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *