Pembahasan Pemindahan Gedung DPRD Kabupaten Jombang Masih Digodok di Panmus

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang rencananya akan pindah, tepatnya di aset daerah milik Pemkab yang berada di Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek. Hal itu dibenarkan Ketua DPRD Kabupaten Jombang Mas’ud Zuremi yang dilansir beberapa media liputan Jombang yang diterima beritalima.com, Minggu (29/1/2023) ini, bahkan keberadaan kantor DPRD nantinya tidak jauh dari Kampus STIKES Pemkab Jombang.

Mas’ud Zuremi pun mengatakan kepada awak media beberapa hari ini, bahwa kantor DPRD nanti berada di atas tanah kas desa (TKD) seluas 3,5 hektar. Sebelumnya tanah itu TKD Kelurahan Kepanjen dan beralih menjadi tanah aset Pemkab Jombang.

Dituturkan Ketua DPRD Kabupaten Jombang dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menyatakan bahwa nantinya pemerintah daerah tidak mengeluarkan anggaran yang terlalu banyak, menurutnya paling tidak hanya menambah 1 – 1½ hektar saja dari tanah milik warga yang akan dibebaskan.

Ia pun berharap agar perencanaan pemindahan kantor DPRD bisa segera dilaksanakan. Namun dijelaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Jombang, Danang Praptoko terkait wacana relokasi gedung DPRD Kabupaten Jombang masih tahap studi kelayakan atau Feasibility Study (FS).

Danang pun mengabarkan, Setwan baru mengajukan anggaran FS kurang dari Rp100 juta tahun 2023 ini, lalu menggandeng konsultan untuk membantu penyusunan FS. Lanjutnya FS ini akan menjadi dasar Setwan untuk melakukan pembebasan lahan yang akan dijadikan relokasi kantor dewan.

Hal itu dibenarkan Bambang Sriyadi, M.Si bahwa Setwan telah menganggarkan FS namun belum bisa dilaksanakan karena pembahasannya sampai saat ini masih digodok di Panmus antara eksekutif dan legislatif.

Masih diungkapkan Danang selaku Kepala BAPPEDA harus melakukan studi kelayakan tahun ini agar bisa menunjuk lokasi pemindahan gedung. FS tersebut ungkapnya hanya berlangsung beberapa bulan saja sedangkan akhir tahun baru diadakan pembebasan lahan dan bisa mengetahui biaya yang akan dibutuhkan.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com

Pos terkait