Pemda Touna Gelar Kegiatan Penguatan Sakip Menuju Predikat BB

  • Whatsapp

Ampana -Pemerintah Daerah melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Gelar Kegiatan Penguatan Sakip Menuju Predikat BB.

Kegiatan tersebut bertempat di ruang Rapat Kantor Bupati Rabu (17/5/2023) yang dibuka oleh Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH, dihadiri Sekda Touna Dr.Sovianur Kure,.SE.,MSi, Sekwan DPRD Touna Surya Lapasiri, S.Sos,.MSi, Para Asisten, staf ahli serta para Kepala OPD lingkup Pemkab Touna.

Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI:

1. Analis Kebijakan Pertama, Nararia Hastutiningtyas

2. Analis Kebijakan Pertama, Ainun Habibah

3. Pengelola Akuntabilitas, Alifta Rahma Nirmala

Pada kesempatan itu, Sekda Touna dalam sambutannya mengatakan bahwa Sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah selama ini hanya memfokuskan pada terlaksananya suatu program atau kegiatan, sementara belum sepenuhnya memperhatikan hasil (outcome) yang ingin dicapai. Begitu pula dengan sistem pengukuran kinerja yang terlalu memfokuskan pada realisasi keuangan, dimana berhasil atau tidaknya suatu unit instansi pemerintah dinilai dari besarnya anggaran yang dapat diserap tanpa mengukur apakah anggaran yang digunakan tersebut dapat bermanfaat atau tidak terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Dalam mengimplementasikan SAKIP, instansi pemerintah dapat memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat, mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran, serta mencegah penyimpangan penggunaan anggaran dan pemborosan penggunaan anggaran. Implementasi SAKIP juga mendorong instansi pemerintah agar memiliki tujuan dan sasaran yang jelas serta berorientasi pada hasil. Selain itu, ukuran keberhasilan menjadi jelas dan terukur, serta dapat menetapkan program/kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran yang akan dicapai,”kata Sekda.

Menurut Sekda, bahwa penerapan SAKIP pada pemerintah daerah khususnya pada Kabupaten Touna saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup berarti. Hasil ini merupakan wujud keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una khususnya seluruh perangkat daerahnya untuk meningkatkan kualitas implementasi SAKIP, tentunya didukung pula oleh Kementerian PAN RB dalam memberikan pembinaan serta pendampingan.

“Dari hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una tahun sebelumnya nilai SAKIP Kabupaten Touna dengan Predikat B dan target pada tahun 2023 adalah Predikat BB, maka dipandang perlu melakukan upaya strategis dengan cara melakukan penguatan bagi Kepala Perangkat Daerah serta pembenahan komponen SAKIP pada seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Touna,”jelasnya

Sekda katakan, Dalam mengimplementasikan SAKIP, upaya-upaya pembenahan harus terus dilakukan, salah satunya dengan cara melakukan pendampingan dalam penyusunan komponen SAKIP Perangkat Daerah, mulai dari perencanaan kinerja sampai dengan pelaporan kinerja.

Karena dengan upaya tersebut perangkat daerah dapat menyusun rumusan tujuan, sasaran, serta indikator kinerja utama (IKU) yang jelas dan terukur yang harus dicapai oleh masing-masing perangkat daerah. Selanjutnya, secara bertahap dilakukan penjabaran kinerja dalam perjanjian kinerja pada tingkat eselon II, III, IV dan pejabat fungsional serta menyusun rencana aksi yang dilakukan guna pencapaian IKU perangkat daerah tersebut.

Sekda juga berharap komitmen kita semua untuk tetap dan terus mendukung setiap langkah yang dilakukan, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan ini guna mewujudkan kualitas implementasi SAKIP Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una menjadi lebih baik. Tentunya dukungan dari pihak Kementerian PAN dan RB sangat kami perlukan guna meningkatkan kualitas kinerja agar semakin baik pada masa yang akan datang.

“Saya memandang perlu kegiatan ini dilakukan sebagai wujud upaya strategis dalam mempertajam pemahaman dan persepsi kita tentang penerapan sistem akuntabilitas kinerja dalam mendukung terwujudnya Touna“ Tangguh, Maju dan Sejahtera,” tutupnya

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait