Pemda Touna Gelar Lomba Inovasi Daerah Antar OPD

  • Whatsapp

Ampana – Pemerintah Daerah melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Tojo Una-una gelar lomba inovasi daerah, dalam rangka aksi kreatif dan Inovatif dalam meningkatkan penyelenggaraan Pemerintahan yang berdaya saing, yang berlangsung ruang Rapat Bapperida setempat, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Dr. Hj. Sovianur Kure, S.E.,M.Si turut Hadir Plt. Kepala Bapperida Amin Bustamin, S.T.,M.M, Tim Penilai Inovasi Daerah, Dr. Rosida P. Adam, S.E.,M.P, Hasim, S.Kom.,M.Si dan Drs. Abd. Wahab Harmain, A.Pt.,M.M. Hadir pula sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah yang merupakan peserta Lomba Inovasi Daerah.

Sekda Touna dalam sambutannya mengucapkan terima kasih serta memberi apresiasi yang tinggi terhadap pimpinan perangkat daerah, unit kerja serta tim teknis yang berkomitmen nyata dalam berkelanjutan inovasi daerah yang telah ada.

“Melalui kegiatan ini Pemerintah Daerah berharap kepada OPD masing-masing untuk dapat menginventarisasi dan mengidentifikasi permasalahan dan potensi serta dapat menilai dan mengukur kekurangan dan kelebihan sesuai dengan karakteristiknya masing-masing untuk memperbaiki sektor pelayanan publik, tata kelola pemerintah dan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”ucap Sekda.

Menurut Sekda, kegiatan ini merupakan aksi langkah maju dalam pembinaan inovasi daerah sebagai upaya peningkatan daya saing daerah kabupaten Tojo Una-Una ke depan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Inovasi daerah merupakan amanat Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2022, tentang Inovasi Daerah.

“Regulasi ini pada prinsipnya memberikan keleluasaan bagi pemerintah daerah untuk berkreasi dan berinovasi dalam penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangannya berdasarkan kearifan lokal yang pada gilirannya dapat menjadi pengungkit kinerja pemerintah daerah untuk peningkatan daya saing daerah dan percepatan terwujudnya kesejahteraan masyarakat,”ujarnya

Sekda juga mengajak kepada OPD yang mengikuti inovasi daerah untuk menggelorakan lomba inovasi daerah tahun 2023. Adapun Peserta Lomba dan Judul Inovasi Daerah yaitu :

1. Dinas PUPRPKPP : SIABANG TERBERANI (Sistem Informasi Bangunan Terintegrasi Air Bersih dan Sanitasi).

2. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil : MEKAR (Menikah Dapat Kartu Keluarga dan KTP el Baru).

3. Dinas Perikanan : LARI KUTANGKAP, MELAWAN KU IKAT (Lestarikan Lautku, Tangkapan Ikan Nelayanku Meningkat).

4. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak : EKSIS PELAYANAN (Edukasi Siswa Pencegahan Kekerasan pada Anak).

5. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang : SI PELIT (Sistem Informasi Peta Konflik Terpadu).

6. Satuan Polisi Pamong Praja : PENA SEKOLAH (Penertiban Anak Sekolah).

7. Kelurahan Labiabae : HALO PAK LURAH (Penjaringan Kebutuhan masyarakat, Pembuatan Proposal s/d tahap pendampingan Realisasi Bantuan tanpa pungutan biaya).

8. Kelurahan Labiabae : RANTING GARUDA (Berantas Stunting lewat Gerakan Pemuda).

9. Puskesmas Matako : KECANTOL KAMU (Kelas Catin ON CALL Kawal Catin Mantap dan Unggul).

10. Puskesmas Ampana Barat : SIDINI (Deteksi Dini Kasus Kusta).

11. RSUD Pratama Togean : English one day a week (ENAK) at Pratama Togean Hospital

12. RSUD Wakai : Program Penanggulangan Bencana Terpadu RSUD Wakai.

13. Kecamatan Ratolindo : PELARIS (Pelayanan Gratis) UMKM.

14. Kecamatan Ratolindo : Industri Kreatif Wisata Kuliner Tanjung Lawaka

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait