Pemdes Burat Programkan Pemberdayaan Kampung Kambing

oleh -196 views

WONOSOBO, beritalima.com | Dalam rangka mewujutkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, Pemdes Burat lakukan pencanangan program Kampung kambing dengan pengadaan kandang dan induk ternak kepada 6 kelompok tani ternak di desa Burat.

Disampaikan Kades Burat Ir. Gunawan Setyadi program tersebut melanjutkan program sebelumnya seperti santunan sembako pada bulan Ramadhan, pengadaan air bersih dan pembuatan tempat wudhu Mushola.

“Pada tahun ini desa Burat sedang digalakan program kampung ternak untuk pemberdayaan secara menyeluruh kepada masyarakat desa Burat dengan pengembangan kelompok – kelompok usaha.” Ujarnya pada Kamis (19/7).


Lebih lanjud dijelaskan, Mayoritas usaha masyarakat di desa Burat adalah pertanian, peternakan, perikanan. Dari berbagai usaha warga perlu dikembangkan dan dibantu untuk lebih meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Pemdes Burat baru membantu pengadaan kandang ternak sekaligus kita berikan 15 ekor induk kambing di masing – masing kelompok di 6 dusun di desa Burat.” Bebernya

pengadaan induk ternak 30 ekor kambing juga kami lakukan pada tahun ini yang akan kami kembangkan dibeberapa dusun di desa Burat.

“Apa yang Kami canangkan untuk pemberdayaan dan kesejahteraan warga sesuai dengan tujuan kami menjadikan masyarakat Burat lebih makmur.” Terang Gunawan.

Terpisah salah satu anggota kelompok ternak mengungkapkan sangat senang bisa menjadi bagian dari kelompok yang mendapat bantuan ternak dari Pemerintah desa.

“Alhamdulillah ternak yang kami pelihara sudah mulai berkembang yang awalnya hanya 15 ekor saat ini sudah menjadi 45 ekor, hingga perlu pelebaran kandang karena semakin bertambah jumlah ternaknya.” Pungkas Riyanti. (Budi)