Pemdes Kedungsumur Bentuk Tim Satgas Relawan Desa Lawan Covid19

  • Whatsapp
www.beritalima.com

SIDOARJO, beritalima.com |
Dalam rangka upaya pencegahan penyakit menular yang melanda negeri ini yakni Corona Virous Deases (COVID19), Pemerintah Desa Kedungsumur membentuk Tim Satgas Relawan Desa Lawan COVID19 pada Selasa malam, (01/04).

Kegiatan yang urgent dan merupakan himbauan langsung dari Kementerian Desa Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serta Intruksi dari Bupati Sidoarjo tentang Tanggap COVID19 yang ditujukan kepada Camat untuk diteruskan kepada para Kepala Desa tersebut dihadiri oleh Ketua BPD, Pendamping Lokal Desa, BabinKamtibmas, Babinsa, Bidan Desa, Ketua RT/RW, Karangtaruna, dan Tokoh Masyarakat Desa Kedungsumur dengan tetap memperhatikan protokol kewaspadaan yakni menjaga jarak dan membudayakan cuci tangan.

Susunan Satgas Relawan Desa Lawan COVID19 tersebut diketua langsung oleh Pj. Kepala Desa dan Wakilnya adalah Ketua BPD Kedungsumur dibantu para anggota seperti Perangkat Desa, Anggota BPD, Ketua RT / RW, lembaga LPM, PKK, Karang Taruna, dan beberapa Tokoh Masyarakat.

Pj. Kepala Desa Kedungsumur H. Lukman Hakim berharap pembentukan Relawan Desa Lawan Covid ini mampu menjadi penggerak dan Tim Edukasi di Masyarakat untuk mencegah wabah yang saat ini sedang kita hadapi bersama.
“Mari Kita saling membantu, gotong royong, menciptakan kondisi desa agar aman, sehat dan bersih, demi kenyamanan bersama” jelas Lukman sapaan akrabnya.

www.beritalima.com

Sementara Pendamping Lokal Desa Sutrisno Akbar dalam sambutannya turut mendukung dan siap membantu serta mengawal Desa Kedungsumur sepenuhnya termasuk Tim Relawan Desa ini dalam melawan COVID19.
“Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Desa tanggap Covid19, salah satu diantaranya adalah sesuai Edaran Kemendes dan Surat Bupati yakni merubah perdes RKPDes dan APBDes untuk kegiatan tanggap Covid19 yang belum dianggarkan dalam Bidang Tak Terduga atau Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan mendesak dan darurat Desa. Termasuk pembentukan Relawan Desa Lawan COVID19 yang dilaksanakan malam hari ini ” papar PLD Krembung tersebut.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Moh. Miftahul Huda, Sekretaris Desa Kedungsumur menjelaskan bahwa masalah ini adalah tanggungjawab kita bersama, maka tujuan dibentuknya Tim Relawan Desa Lawan COVID19 adalah untuk ikut memberikan edukasi dan pemahaman ke masyarakat terkait pencegahan penyakit Corona atau yang akrab disebut Covid19 ini kepada masyarakat secara umum. Pihak pemerintah Desa telah melakukan beberapa hal seperti Penyemprotam Desinfektan ke seluruh rumah warga dan Fasilitas Umum temasuk tempat ibadah, “Disamping itu, kita juga akan memberikan sosialisasi secara langsung dan pemasangan pamflet ke seluruh rumah warga terkait protokol keluar dan masuk rumah, langkah² pencegahan, pendeteksi gejala, Sosial Distance, pengawasan terhadap tamu / pendatang, dan lain lain” jelas Rois panggilan akrabnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait