Pemdes Tanggulturus Salurkan BLT DD, Kades Wahyunita: Gunakan Bantuan Sebaik Mungkin

  • Whatsapp

Tulungagung, beritalima.com- Program pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2024, masih terus digulirkan oleh pemerintah pusat guna menanggulangi dan menopang kebutuhan ekonomi kalangan menengah ke bawah atau masyarakat miskin ekstrim.

Kali ini, penyaluran bantuan BLT DD 2024 di Desa Tanggulturus, Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dengan fokus pada masyarakat miskin ekstrim.

Bantuan diberikan tiga bulan sekaligus yakni, Januari, Februari dan Maret kepada 20 keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Desa Tanggulturus, Wahyunita Ningsih, menyampaikan, pemberian BLT tersebut merupakan bagian dari upaya nyata pemerintah melalui Pemdes dalam membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

Selain itu, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat miskin ekstrim yang memerlukan perhatian lebih dari pemerintah.

“Banyak warga masyarakat kita yang masuk kategori miskin ekstrim dan saat ini benar-benar membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, Pemdes Tanggulturus berkomitmen untuk membantu mereka melalui program BLT ini,” ujar Wahyunita, Sabtu, (20/1/2024).

Menurutnya, penerima BLT DD 2024 telah ditetapkan berdasarkan data yang valid dan terverifikasi oleh petugas terkait. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa bantuan benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.

Pemerintah Desa Tanggulturus, juga bekerja sama dengan berbagai pihak guna memastikan bahwa bantuan bantuan BLT DD ini benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi penerima.

“Kita selalu koordinasi dengan berbagai pihak terutama RT/RW dan tokoh masyarakat, agar tidak salah memilih penerima bantuan,” tuturnya.

Pihaknya berharap, bantuan BLT ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat penerima. Tak lupa Kades berpesan, bantuan tersebut harus digunakan untuk keperluan yang benar-benar mendesak demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan tidak untuk keperluan konsumtif yang tidak penting.

Wahyunita juga telah menyiapkan langkah-langkah pengawasan dan monitoring, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

“Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga keadilan dan keberlanjutan program bantuan sosial bagi masyarakat miskin ekstrim,” harapnya.

Lanjutnya, program BLT ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat miskin ekstrim di Desa Pecuk. Ini adalah langkah konkret dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan ekonomi, terutama di tengah kondisi sulit akibat pandemi.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, masyarakat penerima dapat merasakan sedikit lega dalam menghadapi kesulitan ekonomi yang mereka hadapi,” tandasnya.

Sementara itu, Sujilah salah satu warga yang merupakan penerima BLT DD 2024 mengapresiasi program bantuan tersebut. Ia menyatakan bahwa, bantuan tersebut sangat membantu dalam meringankan beban ekonomi mereka di tengah kondisi sulit akibat dampak dari pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih dan sangat bersyukur atas bantuan ini, karena kondisi ekonomi kami memang sedang sangat sulit. Semoga bantuan ini juga dapat membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan, bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait