Pemdes Tenggarejo Bagikan 230 dari 506 Pengajuan Sertifikat Program PTSL

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Pemerintah Desa (Pemdes) Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung, bagikan sertifikat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2023. Sebanyak 230 dari total 506 sertifikat, sudah dibagikan kepada warga setempat.

Pembagian sertifikat ini, merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait kepemilikan tanah.

Kades Tenggarejo, Mudjito, melalui Sekdes Suwandi mengucapkan syukur Alhamdulillah, melalui program PTSL warga merasa senang telah memiliki sertifikat atas hak tanahnya dengan status dan legalitas yang jelas.

“Melalui program PTSL ini, warga Tenggarejo yang Sertifikat tanahnya sudah jadi, langsung kami serahkan,” ucapnya. Jumat (15/3/2024).

Dari pengajuan warga melalui program PTSL, lanjutnya, tercatat sebanyak 506 pemohon, dari kemarin dan hari ini yang dibagikan langsung ke warga sebanyak 230 sertifikat. Bagi warga yang masih belum mengurus sertifikat melalui PTSL, masih bisa diterima pada tahap ke dua.

“Tahap dua di mulai pada bulan Desember 2023 lalu dan akan ditutup pendaftarannya bulan April 2024,” lanjut Suwandi.

Terkait kendala selama proses pengajuan untuk mengurus sertifikat melalui program PTSL ini, Suwandi menuturkan, jika dalam proses program tersebut kendalanya pasti ada.

“Kendala tetap ada, karena rata-rata warga disini, kalau sudah punya Petok itu merasa jadi bukti kepemilikan atau dokumen yang sah untuk tanah, padahal berbeda jika sudah menjadi sertifikat,” tuturnya.

Suwandi juga menyampaikan, atas nama Pemdes Tenggarejo berpesan, agar sertifikat dapat disimpan dengan baik, karena sertifikat merupakan dokumen penting yang berharga atas status kepemilikan tanah.

“Saya berpesan, agar sertifikat itu disimpan baik baik, karena tingkat kepastian hukum dan perlindungan terhadap tanah di Desa Tenggarejo semakin meningkat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” pesan Suwandi.

“Semoga langkah positif ini dapat memberikan dampak yang baik bagi pembangunan wilayah serta kesejahteraan masyarakat Desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung,” tutupnya.

Sementara itu, warga Desa Tenggarejo sangat antusias menyambut kegiatan ini, dengan banyak di antara mereka hadir untuk menerima sertifikat tanah mereka secara langsung.

Slamet Riyadi, salah satu warga yang menerima sertifikat program PTSL, mengungkapkan rasa terimakasih atas inisiatif Pemdes dan Pokmas dalam memudahkan proses kepemilikan tanah.

“Kami sangat bersyukur atas program PTSL ini yang sudah dilaksanakan oleh Pokmas Tenggarejo. Dengan sertifikat ini, kami merasa lebih tenang dan yakin akan status kepemilikan tanah kami,” ungkap Slamet dengan senyum bahagia. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait