Pemerintah Desa Labuhan Lalar Menyalurkan BLT DD Tahap 4-5 dan 6 Berjalan Sesuai Prokes Covid -19

  • Whatsapp

Sumbawa Barat.NTB.beritalima.com| Pemerintah Desa Labuhan Lalar Menggelar penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap 4 ,5 dan 6 pada hari selasa (03/8/2021) , pukul 09.00 wita bertempat di Aula Kantor Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

Dalam kegiatan tersebut Kepala desa Labuhan Lalar di dampingi oleh Ketua BPD Desa Labuhan Lalar Farid Harja, Sekretaris Desa Labuhan Lalar Wari Suryadi S.Pd, Babinsa Desa Labuhan Lalar Serda Lalu Tilawat, Bhabinkamtibmas Desa Labuhan Lalar Briptu Agus RH, dan 208 penerima azas manfaat dari BLT Desa, 5 orang Kepala Dusun serta 21 orang Ketua RT.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Labuhan Lalar Rahmanuddin mengatakan, kegiatan ini mari kita laksanakan sesuai protokol kesehatan covid -19 ,bahwa pada tahap pertama jumlah penerima azas manfaat dari BLT Desa sebanyak 212 orang, dan seiring waktu ada beberapa hal, ada warga yang pindah tempat dan ada beberapa yang sifatnya masalah prinsip sehingga berkurang menjadi 210 orang penerima manfaat dari BLT Desa tersebut,” Kata Kades.

Kades Rahmanuddin menjelaskan pada tahap 4, 5 dan 6 ini ada masyarakat yang kami temukan sebagai penerima BST Pusat dan menerima pula BLT Dana Desa, sehingga kami mengeluarkan orang tersebut agar tidak menerima BLT Dana Desa, jadi jumlah total penerima azas manfaat BLT Dana Desa saat ini berjumlah 208 orang, dan insya ALLAH minggu depan kita akan cairkan kembali untuk Tahap ke 7,” jelas Kades Rahmanuddin.

Kades Rahmanuddin memaparkan kami mengambil langkah – langkah dan harus disesuaikan dengan dusun sebagai jumlah penerima, agar kami tahu dari jumlah 44 orang.Sementara uang BLT Dana Desa ini di kucurkan oleh pemerintah untuk menunjang kehidupan masyarakat di dalam menghadapi pandemi Covid – 19 ini,” paparnya.

Rahmanuddin menghimbau sebagai penerima manfaat, harus ada timbal balik kepada pemerintah untuk sama – sama menjaga kondusifitas, ketertiban dan yang paling utama mengenai pandemi Covid -19 ini agar selalu mengindahkan satu instruksi dari satgas Covid -19 dengan menjalankan 6 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir,menjaga jarak, menjauhi kerumunan,membatasi mobilisasi dan interaksi serta menjaga dan meningkatkan imun, dengan tetap disiplin adalah kunci utama melawan Covid -19,” imbuhnya.

Sekarang ini kita berada dalam PPKM darurat, maka di tempat ini saya minta kepada semua mari kita bersama – sama menjaga dan mengemban instruksi pemerintah agar tetap waspada menjaga diri, keluarga dan masyarakat,” tegasnya.

Lanjutnya antara hak dan kewajiban harus seimbang, dan kami sudah berupaya bagaimana memaksimalkan anggaran itu, baik orang yang baru datang pulang, kami pun terkait pandemi covid -19, sudah kami invertarisir dan sudah kami masukan sebagai penerima BLT Desa,” ujar Kades.

Mari kita sama – sama menjaga, semua punya kewajiban apalagi saat ini kita sedang di landa bencana non alam yaitu pandemi covid -19, dan adanya varian baru delta yang sudah masuk di NTB dan pulau Sumbawa, semoga tidak ada di Kabupaten Sumbawa Barat,” harapnya.

Sedangkan untuk rilis di KSB dalam 1 minggu sudah mencapai angka 100 yang terdampak covid -19, dan rumah sakit sudah kewalahan, oleh karena itu di setiap desa sekarang harus ada rumah isolasi mandiri, dan bantuan untuk warga yang lagi menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sudah di atur di APBDes, di kita kemarin yang lagi isolasi mandiri kita bantu sembako berupa beras, minyak goreng, mie instan, dan telur yang kita berikan di dampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” terang Kades Rahmanudin.

Marilah kita gunakan uang ini dengan sebaik – baiknya agar bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan yang betul – betul sangat diperlukan dalam situasi pandemi covid – 19 ini,” tutup Kades.

Di tempat yang sama Babinsa Desa Labuhan Lalar Serda Lalu Tilawat mengatakan, seperti yang di sampaikan oleh Bapak Kepala desa tadi bahwa kita saat ini masih dalam menghadapi pandemi covid – 19, untuk itu saya Babinsa bersama Bhabinkamtibmas di tingkat desa tidak henti – hentinya melaksanakan himbauan khususnya kepada masyarakat desa Labuhan Lalar agar selalu mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan ,dan pada hari sabtu kemarin kami mendampingi tim dari UPTD Puskesmas Taliwang melaksanakan himbauan terkait protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran covid – 19,” ungkapnya.

Di katakannya kita bisa lihat di Provinsi NTB di wilayah Mataram dan Sumbawa peningkatan yang terdampak covid -19 cukup tinggi dan sekarang ada varian baru tandanya yang terpapar akan hilang indra penciumannya dan saat ini ada istilahnya menggunakan level yaitu dari yang terendah level 1 sampai level 4 yang tertinggi dampaknya.Kita berdoa bersama semoga di KSB bisa menekan angka penyebaran covid – 19 tidak sampai ke level 4 ,” ujarnya.

Perlu diketahui setiap malam sampai tanggal 2 agustus berakhir kita laksanakan patroli gabungan besar – besaran di Taliwang, itu tandanya kami Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat TNI Polri tetap peduli dan selalu menghimbau tentang protokol kesehatan.Silahkan beraktivitas akan tetapi selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, dan menjaga jarak,” himbau Serda Lalu Tilawat.

” Mudah – mudahan kita semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiat, dan kepada bapak ibu penerima azas manfaat dari dana BLT Desa ini agar bisa menggunakan uang tersebut kepada hal – hal yang bermanfaat , agar bisa memenuhi kebutuhan di saat pandemi covid – 19 ini,” pungkasnya.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait