Pemkab Gresik Bantu Ratusan Paket Sembako Untuk Nelayan yang Tidak Bisa Melaut Karena Musim Angin Barat

  • Whatsapp
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat memberikan bantuan secara simbolis kepada nelayan di Kabupaten Gresik. (*)

GRESIK,beritalima.com-Ratusan nelayan di Kecamatan Manyar, Bungah dan Sidayu, Kabupaten Gresik mendapat ratusan paket sembako dari Pemkab Gresik.

Bantuan diberikan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani untuk meringankan beban nelayan yang kesulitan melaut dikarenakan musim angin barat.

Sembako diserahkan Bupati secara simbolis di Kantor Kecamatan Bungah, Kamis, (16/5/2024).

Bantuan sebagai bentuk bakti peduli nelayan berdaulat, sesuai yang tertuang dalam Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah, yakni Gresik Agropolitan.

Bantuan diberikan kepada nelayan yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Gus Yani dalam.kesempatan itu menyampaikan, pemerintah Kabupaten Gresik dalam Nawa Karsa memiliki beberapa program peningkatan kesejahteraan nelayan, yang masuk dalam Gresik Agropolitan.

Selain pemberian paket sembako, Terdapat beberapa fokus utama dalam mewujudkan kesejahteraan nelayan.

“Pertama adalah, program Go Tani pada sektor perikanan dan program nelayan berdaulat dengan penyediaan permodalan lunak dan pembangunan beberapa titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN),” ungkapnya.

Dikatakan, nelayan melaut tidak lebih dari 8 bulan, artinya ada masa jeda dimana saat musim angin barat maka tidak bisa melaut.

Maka program bhakti nelayan berdaulat ini sebagai kompensasi untuk mengganti kebutuhan nelayan, program ini baru berjalan 4 tahun.

“Selain itu, pemerintah juga membangun kebutuhan lainnya untuk nelayan yaitu membangun SPBN. Ini agar nelayan mudah untuk mendapatkan BBM bersubsidi,”imbuhnya.

Di tempat sama, Plt Kepala Dinas Perikanan Johar Gunawan menambahkan, bantuan yang diserahkan ini tidak lain untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat nelayan. Menurut dirinya pemerintah daerah wajib hadir membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Gresik mempunyai potensi yang cukup besar untuk dimaksimalkan. Sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat nelayan,” singkatnya.

Sementara, Ali Santoso (43) nelayan asal Sidayu mengaku senang atas bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman nelayan.

“Bantuan yang diberikan setiap tahun saat musim barat, menjadi bukti kepedulian Gus Yani dan Bu Min terhadap masyarakat khususnya nelayan Kabupaten Gresik,” pungkasnya.

Turut mendampingi Bupati Gresik, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Misbahul Munir, Kepala Dinas PMD Abu Hassan, Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh, Forkopimcam Bungah, Camat Sidayu Suwartono, Camat Manyar Hendriawan Susilo, Kepala Desa se-Kecamatan Bungah, serta nelayan Kecamatan Manyar, Bungah dan Sidayu.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait