Pemkab Madiun Peringati HPN, Plt Bupati: Pers Punya Peran Yang Strategis

MADIUN, beritalima.com- Tak mau kalah dengan Pemkab/Pemkot di daerah lain, Pemkab Madiun, Jawa Timur, turut memperingati Hari Pers Nasional (HPN), di ruang gambar Pendopo Muda Graha, Selasa 18 Pebruari 2020.

Pelaksana tugas (Plt) bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, mengatakan, pers punya peran yang sangat strategis untuk membangun bangsa Indonesia lebih baik.

“Sehinga tidak dapat dipungkiri, peran media massa sangat membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi yang sehat, mencerdaskan masyarakat, mengontrol kinerja pemerintah baik itu di pusat maupun di daerah,” kata H. Hari Wuryanto, yang juga wakil bupati Madiun.

Masyarakat yang sehat, lanjutnya adalah yang mendapatkan informasi yang sehat.

“Disini yang perlu kami tegaskan kepada teman teman semua. Melalui pembentukan pola pikir yang positif yang didapatkan lewat informasi yang baik sebagai pilar demokrasi, pers diharapkan bisa menjaga suasana kondusif bangsa,” tandasnya.

Untuk itu, diperlukan sinergitas antara pemerintah dengan pers. Diantaranya dengan fasilitasi Pemkab Madiun pada kegiatan kemitraan dan dukungan pelaksanaan uji kompentensi wartawan.

“Tentunya diperlukan juga ekosistem pers yang kondusif. Membangun ekosistem dunia jurnalistik yang baik, sama halnya membangun demokrasi. Saya sampaikan trima kasih kepada seluruh teman teman wartawan yang telah banyak membantu dalam menjaga Kabupaten Madiun yang kondusif. Sehingga Pemkab Madiun lebih optimal dalam bekerja yang membuahkan prestasi dari tahun ke tahun,” tuturnya.

Hari Wuryanto juga berharap, mudah mudahan seluruh wartawan menjadi mitra kerja dari Pemkab Madiun. Ia juga mengharapkan saran dan masukan dari media.

“Kemudian bisa membantu dengan menginformasikan khususnya di Kabupaten Madiun terkait pelaksanaan kegiatan pembangunan,” harapnya.

Karena melalui peran serta wartawan, informasi yang disampaikan Pemkab Madiun akan tersampaikan kepada masyarakat dengan baik.

“Untuk itu, mari kita jaga bersama kondusifitas ini guna mewujudkan Kabupaten Madiun yang aman, mandiri, sejahtera dan beraklak. Kepada teman teman wartawan mari hubungan yang sudah terjalin dengan baik ini kita tingkatkan. Selamat HPN 2020, mudah mudahan demokrasi yang dibangun insan pers bisa tetap terjaga dengan sebaik baiknya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh H. Hari Wuryanto dan diserahkan kepada perwakilan wartawan.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Sekda Tontro Pahlawanto, Kadis Kominfo, Kabag Humas dan Protokol Setda, pimpinan OPD dan para Asisten. (Dibyo).

H. Hari Wuryanto (kanan bawah).