Pemkab Madiun Peringkat VI Nasional Dalam Penerapan SPBE

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemkab Madiun, Jawa Timur, menduduki peringkat VI tingkat nasional dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan peluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin 27 Mei 2024.

SPBE Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah ini, dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sedangkan untuk tingkat kota/kabupaten di Jawa Timur, Pemkab Madiun berada di urutan IV, dan urutan ke-10 dari 621 instansi pemerintah pusat dan daerah.

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo menitipkan pesan agar semua kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah saling mengintegrasikan dan menginteroperabilitas aplikasi, data, dan layanannya

“Kesederhaan dalam pelayanan, dapat berdampak pada masyarakat,” ucap Joko Widodo.

Sementara itu, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, selaku ketua tim koordinasi SPBE Nasional, mengklaim hadirnya GovTech akan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbagai kemudahan.

Dirinya juga membahas mengenai peluncuran GovTech Indonesia yang mana menjadi tonggak sejarah percepatan penerapan pelayanan publik terpadu berbasis digital.

Ia menjabarkan, GovTech akan bertugas menggerakkan keterpaduan layanan digital pemerintah yang selama ini tersebar di berbagai platform atau aplikasi.

Pada acara SPBE Summit 2024, terdapat pemberian apresiasi bagi instansi pemerintah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik. Dalam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan komitmen pimpinan instansi Kementerian/Lembaga yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas.

Hadir dalam acara ini, diantaranya Pj Bupati Madiun, Ir. H. Tontro Pahlawanto. (Dibyo).

Ir. H. Tontro Pahlawanto (depan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait