UMKM Sidoarjo di Edukasi Tentang Pasar Internasional

  • Whatsapp

SIDOARJO, Beritalima.com-
Sebagai salah satu stabilisator perekonomian nasional, sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) acapkali mengalami kesulitan pemasaran. Terlebih pasca pandemi, UMKM seakan hanya stuck pada titik itu saja, yakni pasar lokal. Padahal di era digitalisasi seperti saat ini, dengan memanfaatkan teknologi pangsa pasar akan terbuka lebar, khususnya melalui marketplace.

Iko Sukma Handriadianto yang juga praktisi logistik internasional mengungkapkan jika sebenarnya Indonesia dengan seluruh UMKM nya bisa mengembangkan potensi yang dimiliki ke pasar Internasional.

“Nah disini kami berikan edukasi tentang pasar Internasional. Mulai dari produknya apa hingga bagaimana cara untuk mengirim,” kata Iko Sukma usai memberikan Workshop UKM Lokal Berakses Global di Institut Teknologi Insan Cendekia Mandiri, Sidoarjo, Senin (27/5/2024).

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina Perkumpulan Pelaku Logistik Indonesia (PPLI) mengungkapkan masih banyak mispersepsi yang terjadi di masyarakat terkait ekspor. Yang mana masih ada anggapan bahwa ekspor hanya bisa dilakukan oleh retail atau perusahaan besar.

“Padahal itu salah, terkait ekspor bisa dilakukan oleh perorangan, produknya juga bisa bijian bukan harus partai besar,” jelas Iko Sukma.

Iko Sukma menegaskan bahwa UMKM harus memiliki badan usaha dan produk yang tentu memiliki kualitas yang baik, termasuk memiliki branding.

Usai produk dan badan usaha, hal yang perlu untuk dikuasi berikutnya yakni tentang manajemen penjualan dan pengiriman, khususnya ke pasar internasional. Lantaran ada beberapa negara yang tidak menerima barang tertentu. Dan pembeli pun memiliki karakter berbeda antar negara.

“Seperti ke China, tidak mungkin kita ekspor barang elektronik, karena pasarnya tidak ada. Tapi akan sangat laku jika menjual arang batok kelapa atau serabut kelapa,” terang Iko Sukma.

“Diharapkan nantinya melalui edukasi tentang pasar Internasional, para pelaku UMKM akan tergerak untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Sehingga secara tidak langsung akan turut membantu mengangkat perekonomian nasional,” tandas Iko Sukma.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait