Pemkab Malang Akan Kembangkan Desa Wisata di Kecamatan Jabung

  • Whatsapp

KABUPATEN MALANG, beritalima.com– Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang banyak potensi wisata yang mampu dijadikan sebagai kawasan desa wisata seperti desa desa lainnya di kabupaten Malang. Dan desa tersebut merupakan Desa Wisata yang berbasis kemasyarakatan.

“Desa Jabung adalah salah satu desa yang mempunyai potensi untuk dijadikan desa wisata, sebab Jabung adalah salah satu desa di Kecamatan Jabung yang masih mempunyai banyak potensi untuk dijadikan kawasan Desa Wisata dan juga terkenal susu segarnya. Selain potensi dari seni budaya, Desa Jabung juga memiliki potensi dari segi agro juga kondisi panorama alamnya,” ungkap Bupati Malang Rendra Kresna saat menyampaikan sambutan diacara Bina Desa di Dusun Boro Desa Jabung, Kabupaten Malang, Rabu, 05/09.

Menurut Bupati dalam setiap kegiatan Bina Desa, Pemerintah Kabupaten Malang selalu berupaya untuk mengembangkan potensi yang ada. Termasuk kali ini di Desa Jabung yang dikenal Tari Topenganya, dan potensi potensi yang ada di Desa Jabung perlu untuk difasilitasi.

“Fasilitas tersebut sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Malang dalam mengembangkan wisata berbasis desa, potensi yang ada di Desa Jabung ini perlu untuk difasilitasi. Yang menurut catatan kami, di wilayah Kabupaten Malang sudah ada 80 desa yang dijadikan sebagai desa wisata,” tambahnya.

Selain untuk pemerataan pembangunan infrastruktur diwilayah pedesaan, juga sebagai upaya untuk menggali potensi desa yang ada melalui program-program yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Kecamatan Jabung ini juga dikenal sebagai salah satu Kecamatan penghasil susu segar. Ada banyak peternak sapi perah yang juga masih membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah daerah,” kata Rendra.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, yang juga sebagai Bundha Paud Kabupaten Malang, Hj. Jajuk Rendra Kresna mengungkapkan dengan melalui program Bina Desa ini merupakan program kerja dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dapat mengetahui langsung masalah-masalah pembangunan, perekonomian, pariwisata, kesejahteraan dan potensi-potensi tersembunyi yang ada di pelosok desa.

“Setiap kegiatan Bina Desa, Pemerintah Kabupaten Malang selalu berupaya untuk mengembangkan potensi yang ada. Termasuk kali ini di Desa Jabung yang dikenal Tari Topenganya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Desa Jabung Anik Sri Hartatik saat di temui malang-news.com di sela-sela Kegiatan Bina Desa beliu mengatakan bahwa kegiatan Bina Desa kali ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur perkembangan Desa Jabung. “Sebagai Kepala Desa saya sangat berterima kasih kepada Pemkab Malang, karena dari kegiatan ini bisa kami jadikan sebagai tolak ukur bagaimana perkembangan masyarakat Desa Jabung dan menentukan kemana arah perkembangan desa,” ujarya.

Ia berharap, dari kegiatan Bina Desa ini kedepan potensi di Desa ini dapat dijadikan sebagai pendukung untuk tumbuhnya ekonomi kreatif di masyarakat. “dari kegiatan ini saya berharap, masyarakat dengan dukungan dari pemerintah setempat dapat lebih aktif untuk bisa menumbuhkan tingkat ekonomi kreatif,” tambahnya. (lum/red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *