Pemkab Sergai Terima Penghargaan Dari USAID PRIORITAS   

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI, beritalima.com –
BupatiKabupatenSerdangBedagai(Sergai)Ir H.Soekirman,menerima piagam penghargaan dari USAID PRIORITAS yang diserahkan oleh Koordinator USAID PRIORITAS Provinsi Sumatera Utara Agus Marwan bertempat di rumah Dinas Bupati di Jalan Negara No.300 di Sei Rampah,Jumat (26/5) sore.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut Agus Marwan didampingi koordinator USAID PRIORITAS wilayah Kabupaten Serdang Bedagai Abdul Firman SPd,Serdangkan Bupati Ir H Soekirman didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik MM.

Usai menyerahkan piagam penghargaan tersebut Agus Marwan mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan kepada Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman atas kepeduliannya untuk mengimplementasikan seluruh program USAID PRIORITAS selama tiga tahun sejak tahun 2014 sampai 2017 di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

“Atas keberhasilannya itu pula Kabupaten Serdang Bedagai mendapat urutan pertama dari 19 Kabupaten di seluruh Indoensia yang memperoleh piagam penghargaan Literasi dari Mendikbud yang diterima langsung oleh Bupati Soekirman beberpa waktu lalu,kata  Agus Marwan.

Ditambahkan,Lebih lanjut Agus Marwan menjelaskan bahwa selama tiga tahun USAID PRIORITAS bekerjasama dengan Pekab Serdang Bedagai,khususnya Dinas Pendidikan telah melatih para kepala SD,guru,pengawas dan komite sekolah sebanyak 2.050 orang.Sel;ain itu pihanya juga sudah menghibahkan buku bacaan sebanyak  109.200 buah kepada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dan masing masing skeolah mendapat 600 buah buku.

Dengan adanya pelatihan pelatihan tersebut,maka telah terjadi perubahan yang cukup seknifikan dalam proses pembelajaran di sekolah,karena 154 menit sebelum dimulai pelajaran di dalam kelas para murid diwajibkan untuk membaca.Kegiatan ini adalah merupakan salah satu implementasi dari Permen Dikbud No.23 tahun 2015 tentang Perubahan Budi Perketi,ungkap Agus.

Disebutkannya pula bahwa pihaknya akan menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang Pendidikan di Serdang Bedagai yang di dalamnya meliputi Program Peningkatan Mutu Pembelajaran.Program Pemetaan dan Pemerataan Guru.Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.Pendidikan Inklusi dan pengembangan Program Literasi.

Sementara itu Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman secara terpisah menyebtukan bahwa piagam penghargaan yang diterimanya itu adalah merupakan kerjasama dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat Sergai,terutama Dinas Pendidikan.Tentu dengan diperolehnya piagam penghargaan ini menjadi motivasi  pula bagi seluruh OPD,terkhusus Dinas Pendidikan.Dan selanjutnya kerja keras pula bagi Dinas Perputakaan dan Kearsipan untuk memberikan bahan bahan atau buku buku bacaan kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM),Kelompok Belajar serta kepada organisasi truktural,seperti TP PKK,PAUD Formal dan non Formal.

Kemudian menjadi efek positif untuk mengembangkan SDM agar mampu mencapai jenjang yang lebih tinggi.Dan secara keseluruhan diperlukan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,karena IPM kita masih dibawah jika dibandingkan dengan kabupaten/kola lainnya di Sumatera Utara,kata Soekriman.

Menambahkan,lanjut Bupati Soekriman mengucapkan terima kasih kepada USAID PRIORITAS yang telah membangun kerjasama dengan Pemkab Serdang Bedagai selama 3 tahun,sehingga program Pemkab Sergai dapat terlaksana dan terwujud dengan baik atas bantuan pihak USAID PRIORITAS.Tentunya USAID PRIORITAS dapat menjadi jendela pembangunan bagi Sergai yang bisa memperkenalkan Sergai ke Manca Negara,tandas Bupati Soekriman.

Pada kesempatan tersebut Bupati Soekirman juga  berharap kepada masyarakat,khusunya guru guru di Sergai semakin banyak menguasai untuk menulis dan saya sendiri sudah 8 buah buku yang saya tulis,ucapnya.(sug/siti)      

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *