Pemkab Situbondo Siapkan 10 Ribu Hektar Lahan Uji Coba Bibit Padi BK900

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat menggelar pertemuan untuk persiapan tanam padi BK900. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi rupanya tidak main-main dalam melakukan uji coba penanaman bibit padi BK 900.

Bahkan, di Kota Santri ini disebut telah disiapkan lahan seluas 10.000 Hektar pada tahun 2022.

Bacaan Lainnya

“Kita uji coba di lahan 20 Hektar dulu. Namun, saya ingin di perubahan alokasi keuangan (PAK) Pak. Kadis untuk menganggarkan bibit BK 900 seluas 10.000 Hektar khusus masa tanam tahun 2022. Kemudian juga tentukan lahannya,” ucap bupati saat memimpin rapat koordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Rabu (9/6/2021).

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini optimis uji coba bibit BK 900 berjalan sukses.

“Bibit ini memiliki keunggulan yaitu, memiliki daun bendera, bulir padinya lebih banya dan berasnya punel,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Santri ini mengatakan, sebagai awalan pihaknya akan menaman bibit padi BK 900 ini di lahan seluas 20 Hektar.

“Kita sudah siapakan lahannya di Kepongan dan Sumberkolak,” tegasnya.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan uji coba limba batu bara untuk diolah menjadi pupuk organik.

“Kami dapatkan secara gratis dari PLUT Paiton dan alatnya dapat dari Pak. Luhut Binsar Panjaitan,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo, Sentot Sugiono siap menindaklanjuti instruksi dari Bupati, Karna Suswandi.

“Secepatnya kami akan menerjunkan PPL yang di 17 kecamatan untuk melakukan pemetaan wilayah mana saja yang cocok ditanami bibit padi BK 900,” pungkasnya. (*/Bet)

Pos terkait