Pemkab Sumenep Bersama FKPPI Gelar Festival Musik Tong-Tong

  • Whatsapp

SUMENEP, beritaLima.com| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep bersama Keluarga Besar Forum Komunikasi Putera-puteri Purnawirawan dan Putera-Puteri TNI-Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep, menggelar festival musik tong-tong kontemporer 2023.

Festival musik tong tong atau yang lebih dikenal dengan musik ‘uldaul’ digelar Sabtu, 14 Oktober 2023 diikuti puluhan grup atau kelompok yang berasal dari Kabupaten di Pulau Madura.

Bacaan Lainnya

“Kegiatannya diadakan sebagai rangkaian memeriahkan hari jadi ke-754 Kabupaten Sumenep yang telah terprogram pada kegiatan kalender 2023 Pemerintah Kabupaten Sumenep,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo kepada sejumlah media, Jumat (12/10/2023).

Berdasarkan data panitia, bahwa peserta festival musik tong-tong 2023 lebih banyak dibangdingkan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini jumlah peserta mencapai 40 grup, sedangkan tahun sebelumnya sebanyak 30 grup.

Pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep dan FKPPI Sumenep menambah jumlah peserta, untuk menampung aspirasi pemilik musik tradisional ini yang antusias untuk mengikuti festivalnya.

“Peserta festival musik tong-tong 2023 tidak hanya dari Kabupaten Sumenep saja, melainkan berasal dari Kabupaten Pamekasan dan Sampang yang menyemarakkan kegiatannya,” terangnya.

Bupati mengatakan, festival musik tong-tong bagian untuk menggairahkan kebudayaan masyarakat Madura khususnya Kabupaten Sumenep, apalagi musik tradisional itu telah diakui milik masyarakat Kabupaten Sumenep sebagai warisan budaya tak benda oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Jadi mari, kita lestarikan budaya dan tradisi yang sangat berharga ini sebagai identitas dan jati diri,” pungkasnya.

Sementara rute festival musik tong-tong start sisi utara areal Taman Potre Koneng (Taman Bunga) Jalan Trunojoyo, Jalan Panglima Sudirman, Jalan KH. Agus Salim dan Finish di perempatan Jalan KH. Agus Salim dan Jalan Kartini.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait