Pemkab Tojo Una-una Gelar Lomba Inovasi Daerah

  • Whatsapp

Ampana -Pemerintah Daerah melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (BP4D) Kabupaten Tojo Una-una gelar kegiatan lomba inovasi daerah, bertempat diruang Rapat Kantor Bupati, Selasa (11/10/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asissten II Nawatsara Panjili, S.E., M.Si turut dihadiri oleh Wakil Rektor Unsimar Poso sekaligus Tim Penilai Dr. Moh. Rusli Suaib, S.Sos., M.Si dan Kepala Bappelitbangda Kabupaten Tojo Una-Una Ir. Muh Idrus M.T,bersama Sekertaris Amin Bustamin, perwakilan Kepala OPD, Camat, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Asissten II Nawatsara Panjili dalam sambutannya mengatakan bahwa Inovasi Daerah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang di jabarkan lebih lanjut melalui peraturan pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002 6-5848 Tahun 2021 tanggal 23 Desember 2021 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi , Kabupaten dan Kota Tahun 2021 serta menindaklanjuti arahan Bapak Menteri Government Award, tangal 29 desember 2021 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementrian dalam Negeri.

“Pemerintah Daerah dapat menginventarisasi dan mengidentifikasi permasalahan dan potensi, serta dapat menilai dan mengukur kekurangan dan kelebihan sesuai dengan kerakteristiknya masing-masing untuk memperbaiki sektor pelayanan publik, tata kelola Pemerintah dalam menyelenggarakan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Selain itu dengan adanya lomba ini di harapkan adannya Inovasi yang dapat mempercepat penurunan stunting yang selaras dengan program pemerintahan pusat sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting,”kata Nawatsara Panjili.

Menurut Nawat, Filosofi Inovasi tersebut di harapkan, daerah menjadi Smart City, End Region sebagai cikal bakal Pemerintah Indonesia yang Smart Government. Terkait dengan hal tersebut, maka Pemerintah Pusat terus berupaya mendorong daerah untuk berinovasi, karena merupakan kunci dalam meningkatkan daya saing daerah, jika semua daerah bergerak melakukan Inovasi di daerahnnya masing-masing.

Adapun kategori Inovasi yang di lombakan kali ini, menjadi 2 kategori, yaitu;

Kategori Pelayanan Publik, Tata Kelolah Pemerintahan dan bentuk inovasi lain yang sesuai dengan urusan yang menjadi kewenangan Instansi.
Kategori percepatan penurunan stunting.

Dimana nantinya pemenang dari lomba Inovasi Daerah itu akan diumumkan pada tanggal 18 Desember, dan diberikan Reward.

“Olehnya itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una mengajak semua pihak untuk turut serta menggelorakan Lomba Inovasi Daerah mulai dari Desa hingga Kabupaten, serta Membudayakan gerakan “SATU INSTANSI SATU INOVASI”, untuk menuju Kabupaten Tojo Una-Una yang Tanguh, Maju dan Sejahterah (TAMARA),”jelasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait