Kapan Harus Pakai Insulin Bagi Penderita Diabetes

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Suatu hari melihat pak Kuswanto tiap kali mau makan harus suntik insulin begitu pula Bu Aminah juga mengalami hal sama disuntik waktu mau makan dan sebelum tidur harus disuntik insulin lain repot amat kata buAminah karena udah
Sakit gula 38 tahun minum obat oral tak bisa turun dan bila keluar kota insulin harus selalu dikantongi.beda dengan pak Iwan diwaktu operasi suntik Insulin, sekarang sudah lepas insulin saat keluar rumah sakit.lain ceritanya oleh Bu Sulis bahwa badan genduk tambah 28 kg gara gara suntik Insulin sejak 10 tahun lalu, jadi apa faedah dan side efek dari suntik insuli,mari kkta simak artikel ini.

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Hormon insulin memungkinkan tubuh mengubah gula atau glukosa menjadi energi. Insulin juga membantu tubuh menyimpan energi tersebut. Namun, pada penderita diabetes, hormon insulin berkurang. Akibatnya, kadar gula dalam darah menjadi tinggi, serta terjadi gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, serta protein. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan terapi insulin Suntik insulin diberikan kepada penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 untuk menggantikan fungsi hormon insulin yang seharusnya diproduksi pankreas.Diabetes tipe 1 membuat penderitanya tidak dapat menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup atau bahkan tidak diproduksi sama sekali. Kondisi ini membuat suntik insulin menjadi pengobatan utama bagi penderita diabetes tipe 1.Insulin berbagai tipe ada yang sehari suntik 3x sebelum makan, ada sehari 2x ada sehari 1x sebelum tidur now yang terbaru adalah insulin disuntik 1x dalam seminggu dan tak usah repot, cukup 1x dalam seminggu.

Berdasarkan cara kerja dan durasi efeknya, suntik insulin terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
1. Insulin kerja cepat (rapid acting insulin)
2. Insulin kerja pendek (short acting insulin)
3. Insulin kerja menengah (intermediate acting insulin)
4. Insulin kerja panjang (long acting insulin)

KAPAN HARUS SUNTIK INSULIN:
1. Diabetes Mellitus tipe1 yakni keturunan
2. Obat oral yang tak berefek
3. Infeksi berat
4. Operasi
5. Gagal ginjal khronis

CARA SUNTIK INSULIN : harus diperut bagian subcunateous ,jarum sejajar perut dan membentuk gelombung ,waktu suntik tunggu 2 menit baru dicabut,insulin saat ini semua pakai insulin pen tdd berbagai macam :
1. Insulin reguler (short-acting insulin) :Insulin reguler juga mampu menurunkan kadar gula darah dengan cepat, meskipun tak secepat insulin rapid-acting. Biasanya, suntikan insulin ini diberikan 30-60 menit sebelum makan.Novolin adalah salah satu merek insulin reguler. Obat ini mampu mencapai pembuluh darah dalam waktu 30-60 menit, bekerja dengan cepat dengan menghabiskan waktu 2-5 jam.Novolin mampu mempertahankan kadar gula darah selama 5-8 jam.
2. Intermediate acting insulin ntermediate acting insulin adalah jenis suntik insulin yang waktu kerjanya menengah. Jenis insulin ini memakan waktu 1-3 jam untuk mulai bekerja. Kerja optimal insulin untuk diabetes ini adalah selama 8 jam, tapi bisa mempertahankan kondisi gula darah selama 12-16 jam.
3. Long-acting insulin :Long-acting insulin juga disebut insulin kerja panjang atau dikenal dengan nama basal insulin. Jenis insulin ini dapat bekerja seharian. suntikan insulin ini lebih banyak digunakan ketika malam hari dan hanya digunakan satu kali saja sehari.

Beberapa contoh long-acting insulin atau basal insulin antara lain:
1. Insulin glargine (Lantus, Toujeo), mampu mencapai pembuluh darah dalam 1-1,5 jam dan mempertahankan kadar gula darah selama kurang lebih 20 jam.
2. Insulin detemir (Levemir), mencapai pembuluh darah sekitar 1-2 jam dan bekerja selama 24 jam.
3. Insulin degludec (Tresiba), masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 30-90 menit dan bekerja selama 42 jam.
GEJALA SUNTIK OVER INSULIN
1. Lemas
2. Sakit kepala
3. Keluar keringat berlebih
4. Cepat lelah
5. Badan gemetar
6. Kelaparan
7. Pusing
8. Dada berdebar

EFEK SAMPING INSULIN :
1. kenaikan berat badan
2. muncul ruam, benjolan, atau pembengkakan di tempat suntikan
3. kecemasan atau depressi
4. Hipoglikemia
Demikian uraian kami yang singkat ini semoga bisa membantu untuk pengetahuan Insulin dan bermanfaat bagi kita semua.
Hidup sehat adalah dambaan semua orang.
RobertoNews 1569《11.10.22(07.00)》
• PraktisI Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait