Pemkab Touna Gelar Musrembang RKPD Tahun Anggaran 2024

  • Whatsapp

AMPANA – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dalam rangka penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tojo Una-Una tahun anggaran 2024 demi mewujudkan ekonomi kerakyatan melalui pelayanan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia, bertempat di Auditorium Kantor Bupati Touna Selasa (22/3/2023).

Pada kesempatan itu, Wabup Touna Ilham Lawidu dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Touna telah diawali dengan kegiatan Musrenbang di tingkat desa, tingkat kecamatan dan forum organisasi perangkat daerah, yang melibatkan segenap stakeholder pembangunan. Semuanya itu mencerminkan bahwa mekanisme perencanaan pembangunan telah mengedepankan prinsip partisipasi, demokratis, transparansi serta perencanaan terpadu.

“Pelaksanaan musrenbang merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. pelibatan semua pihak dimaksudkan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan serta untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan,”kata Wabup

Menurut Wabup, disisi lain musrenbang juga merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah daerah, masyarakat, dan swasta.

“Pada dasarnya keluaran musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan rancangan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2024, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Tahun 2024 serta prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2024,”jelasnya.

Wabup katakan, kita menyadari bahwa kualitas dan keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kinerja pembangunan. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mencerminkan komitmen pemerintah akan pentingnya proses perencanaan sebagai pedoman / rujukan dalam pelaksanaan pembangunan. Demikian juga Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una sangat menyadari akan pentingnya kualitas perencanaan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat capaian kinerja pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan itu sendiri.

“Adapun tema RKPD Tahun 2023 adalah “Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pelayanan Infrastruktur dan Peningkatan Sumberdaya Manusia’’. kata kunci dari tema tersebut adalah pemerataan pembangunan untuk pelayanan dasar, peningkatan indeks pembangunan manusia serta pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,”tuturnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH, turut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Sulteng, Wakil DPRD Touna Gusnar A. Suleman, Sekretaris Bappeda Touna, Kapolres Touna, Sekwan Touna, Kepala OPD lingkup Pemkab Touna, Kepala Instansi Vertikal, BUMN/BUMD serta tamu undangan lainnya.

CATATAN Berita terbitkan tanggal 22 Ma

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait